Inspirasi Kebaya Pengantin Simpel Modern dari 6 Desainer Indonesia

Semakin bertambahnya tahun, tren mode pun mulai beralih dari kompleks ke simpel. Begitupun untuk pilihan kebaya pengantin sekarang ini. Para desainer banyak pula yang kembali menawarkan siluet klasik dibanding futuristik, karena terlihat lebih elegan dan juga timeless. Salah satunya adalah kebaya rancangan desainer Tuty Adib yang akan merancang busana pengantin untuk menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda. Selain rancangan Tuty, para desainer lokal berikut juga memiliki koleksi kebaya bergaya minimalis yang tak kalah cantik dan modern, seperti apa?

1. Ikat Indonesia

Warna putih masih menjadi warna favorit untuk tampil anggun dan terlihat bersih di hari pernikahan. Jika tak ingin tampil biasa dengan kebaya putih model klasik, namun juga tak mau terlihat heboh dengan payet, Anda bisa ambil inspirasi dari kebaya rancangan Didiet Maulana untuk IKAT Indonesia berikut. Sang desainer menambahkan cape dari bahan lace sebagai aksentuasi yang membuat penampilan kebaya putih lebih dramatis.

2. Era Soekamto

Era Soekamto menawarkan kebaya dalam bentuk yang modern dan mewah untuk koleksinya di Bazaar Fashion Festival 2014 lalu. Meski tanpa payet di sepanjang kebaya, creative director dari Iwan Tirta itu memberi sentuhan kemewahan dengan aplikasi bahan tulle yang menutupi bagian kebaya klasik sehingga terlihat seperti cape. Untuk tampilan kebaya yang versatile, cape ini juga bisa dilepas dan pasang sebagai pengganti veil atau penutup kepala.

3. Oscar Lawalata

Potongan kebaya minimalis berikutnya datang dari koleksi Oscar Lawalata yang berjudul Embroidery of Life. Oscar mengatakan dirinya terinspirasi dari gaya peranakan, sehingga siluet terlihat longgar seperti baju kurung. Meski tampil klasik, namun detail sulaman yang dikerjakan tangan membuat kebaya ini terlihat cantik dan anggun.

4. Sebastian Gunawan

Inspirasi kebaya berikutnya datang dari Sebastian Gunawan. Desainer yang akrab disapa Seba ini menawarkan sisi feminin dengan permainan bordir. Tanpa harus memakai payet, busana pengantin terlihat dramatis berkat cape yang memanjang ke belakang. Untuk kebaya pengantin, Anda bisa mengganti bagian bawah gaun dengan kain bercorak budaya Indonesia sehingga lebih terkesan klasik.

5. Adjie Notonegoro

Di perhelatan Jakarta Fashion and Food Festival tahun ini, Adjie Notonegoro kembali menawarkan koleksi kebayanya kepada klasik. Kali ini, sang desainer tak banyak bermain dengan payet dan memilih model klasik seperti kutu baru atau kartini, dengan bawahan kain batik. Meski klasik, kesan modern tetap terlihat dengan pemakaian material menerawang di beberapa bagian.

6. Marga Alam

Desainer Marga Alam juga tak banyak berkreasi dengan payet. Namun untuk memberi sentuhan yang mewah, sang desainer menampilkan detail seperti bordir dan juga material emas sebagai aksen. Kebaya pun dibuat memanjang menyapu lantai untuk kesan dramatis.

Sumber: Wolipop

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.