Tempat Pentas Seni Budaya di Malang Jawa Timur

4484d-semeru Semeru Art Galery (https://halomalang.com)

Malang memang sangat terkenal akan potensi wisatanya. Setiap tahunnya, ada banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Tujuan wisatanya cukup beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata belanja. Ragam model wisata yang dimiliki oleh kota Malang memang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan memilih untuk berwisata di sini. Namun jika Anda tertarik dengan budaya Malang, ada beberapa tempat yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Taman Krida Budaya Jawa Timur
Jl. Soekarno Hatta 7 (Depan RS Brawijaya), Malang
Telp.: +62 341 471509

c9e94-taman2bkrida2bbudaya Taman Krida Budaya Jawa Timur (https://visitingmalang.blogspot.com)

Area Taman Krida Budaya Jawa Timur memang sangat unik. Layaknya tempat wisata budaya, struktur bangunan Taman Krida Budaya Jawa Timur juga sangat dominan dengan sentuhan khas Jawanya. Di bagian terdepan taman, Anda akan menyaksikan pendopo yang merupakan struktur bangunan tempat tinggal khas Jawa. Tempatnya terbuka dan kerap dijadikan sebagai tempat pertemuan, pertunjukan seni ataupun untuk menerima tamu. Ada dua pendopo yang terdapat di tempat wisata budaya ini. Pendopo bagian luar mengusung bentuk informal sedangkan pendopo bagian dalam lebih berbentuk orisinal formal.

Omah Kayu
Jl. Sigura-gura Barat IV No. 17, Malang

1895e-1408406649112977338 Suasana pembukaan pameran ketjilbergerak Ideologi Franchise dan Pajak Yang Belum Dibayar, di Omahkayu, Malang,(19/3/2014) (Foto; Aditya Keceng Sasongko) – (https://wisata.kompasiana.com)

Omah Kayu, sebelumnya sebagai tempat kumpul-kumpul para seniman, pada awalnya semua yang datang bawa kopi bubuk sendiri-sendiri, baru diseduh di Omah Kayu. Lama kelamaan yang datang, banyak yang meminta tolong ke saya untuk dibuatkan kopi. Jadilah warung kopi, salah satu tempat kongkow kongkow di Malang. Minum kopi, teh, ada pameran seni rupa, ada musik akustik.

cdd54-1408406956498267335 Omahkayu salah satu tempat kongkow kongkow di Malang. Minum kopi, teh, ada pameran seni rupa, ada musik akustik. (Foto; Aditya Keceng Sasongko)- https://wisata.kompasiana.com

Omah Kayu menjadi ruang pameran seni rupa pertama kali saat pameran bersama Kentjing Andjing tahun lalu. Yang pameran ya kawan-kawan Universitas Negeri Malang: Novan Tri, Agus Suga, Bobby Nugroho, Sigit, Yujin Sick, Wibi Asrob. Pameran berlangsung lancar. Meskipun begitu, Arif Junaidi dan kawan-kawan bersepakat untuk Omah menggelar pameran per tiga bulan di Omah Kayu.

Semeru Art Gallery 
Jl. Semeru 48, Malang
Telp.: +62 878 5947 6648 (Hayik), +62 881 5534 403 (Didik)

4484d-semeru

Semeru Art Gallery dibuka pada tanggal 13 Januari 2015, dengan tujuan utama untuk mempermudah para pekerja seni dalam memamerkan dan mementaskan karya seninya kepada semua pecinta seni di kota Malang. Selama ini kendala yang di hadapi adalah sulitnya masalah perizinan dan kurangnya support dari pihak pemerintah. Oleh karena itu, dengan adanya Semeru Art Gallery ini Mas Dandung berharap karya dari para Seniman yang ada di kota Malang semakin di kenal di skala nasional.

662ec-lantai-satu Semeru Art Galery (https://news.acaraapa.com)

Pedepokan Seni Mangun Dharmo (*)
Dusun Kemulan, Desa Tulusbesar, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

Padepokan Seni Mangun Dharma (http://ngalam.id)

Padepokan ini didirikan oleh seniman-seniman Tumpang tahun 1989 dengan direktur artistik M. Sholeh Adi Pramono, dengan tujuan melestarikan kebudayaan khas Kabupaten Malang. Tempat ini juga mengembangkan seni topeng Malangan, dengan memberikan kursus menari pada masyarakat luas serta mengadakan pertunjukan seni.

Pertunjukan Wayang Ruwatan (https://tikarmedia.or.id)

Padepokan Seni Asmoro Bangun (*)
Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang

(https://www.google.com/maps)

Padepokan ini merupakan salah satu wisata budaya Malang yang menjadi pusat seni topeng Malangan yang didirikan oleh Mbah Karimun yang sekarang sudah dikelola oleh penerusnyayaitu Pak Handoyo bersama istrinya Saini. Selain membuat topeng yang dipergunakan sebagai perlengkapan pertunjukan, padepokan ini juga menjual topengsebagai cinderamata. Tempat ini banyak dikunjungi turis mancanegara. Pedepokan juga mengadakan kerja sama dengan biro perjalanan wisata untuk mengadakan paket wisata menonton tarian dan belajar cara membuat topeng.

(*) Tambahan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.