Batik Maluku

e574b-batik2bmaluku2b5

Maluku termasuk salah satu kepulauan yang ada di Indonesia bagian timur. Kepulauan Maluku adalah sekelompok pulau yang terletak di lempeng Australia. Sebelah barat berbatasan dengan Pulau Sulawesi, bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini, sebelah selatan berbatasan dengan Pulau Timor, dan sebelah timur laut berbatasan dengan Palau. Maluku sangat terkenal dengan hasil rempah-rempahnya. Namun artikel kali ini akan membahas mengenai hasil kebudayaannya yang berupa kain batik, yaitu Batik Maluku.

Batik Maluku

4261d-batik2bmaluku2b1 (https://batikmaluku.blogspot.com)

Batik Maluku

8eabc-batik2bmaluku2b2 (https://batikmaluku.blogspot.com)

Batik Maluku memiliki ciri khas yaitu bermotif pala, cengkih, parang, dan salawaku (senjata khas Maluku) serta jenis alat musik tifa totobuang. Motif Batik Maluku yaitu motif cengkeh gugur, motif khas pulau Seram, alat musik, debur ombak dan budaya Maluku. Warna juga beragam dari warna yang terang, kalem, biru laut, bahkan gelap. Kain yang digunakan juga beragam yaitu kain katun dan sutra.

Batik Maluku

a2982-batik2bmaluku2b3 (https://elangsendiri.blogspot.com)

Batik Maluku

f26bc-batik2bmaluku2b4 (https://ivanyanuarsatia2013.wordpress.com)

Tak hanya warga Maluku, namun juga warga luar daerah juga minat terhadap batik ini. Peminat batik ini berasal dari Kalimantan, Papua, Jakarta, bahkan Belanda dan Jepang. Batik Maluku merupakan persembahan warga Maluku untuk menghadirkan ragam motif khusus yang digali dari adat budaya lama negeri-negeri di Tanah Maluku. Batik ini dirancang dengan memadukan etnik tradisional dan teknik desain modern untuk tampilan yang lebih elegan dan kontemporer, namun tetap dikerjakan secara tradisional.

Batik Maluku

463ea-batik2bmaluku2b5 (https://ronawiska.blogspot.com)

Batik Maluku

0aea0-batik2bmaluku2b6 (https://ronawiska.blogspot.com)

Batik Maluku

7e41e-batik2bmaluku2b7 (https://www.griyawisata.com)

Pengrajin Batik Maluku selalu melakukan upaya agar batik khas Maluku ini bisa dikenal dan diterima oleh semua masyarakat. Upayanya yaitu melakukan pendekatan ke pemerintah daerah, selain itu juga mengikuti pameran tingkat nasional di Jakarta serta menggelar pameran di Ambon. Pemerintah daerah dapat membantu pihaknya dan pengusaha batik untuk mensosialisasikan Batik Maluku kepada PNS maupun para tamu yang berkunjung di daerah ini. Beberapa instansi di pemerintah provinsi, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan kabupaten juga telah menggunakan batik bunga cengkih pada hari Kamis dan Jumat. Perhatian pemerintah untuk menjadikan hari Kamis dan Jumat berpakaian batik dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha serta melestarikan budaya daerah melalui batik.

Jika Sahabat GPS Wisata Indonesia berkunjung ke Maluku, silakan mampir ke galeri Batik Maluku di kawasan Belakang Soya, Kecamatan Sirimau, Maluku.

Batik Maluku

64f86-batik2bmaluku2b8 (https://www.antarasulteng.com)

Batik Maluku

75604-batik2bmaluku2b9 (https://www.antarasulteng.com)

Batik Maluku

50976-batik2bmaluku2b10 (https://www.majalahjalanjalan.com)

Sahabat GPS Wisata Indonesia bisa menjadikan Batik Maluku sebagai salah satu batik koleksi anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.