Kepulauan Arwah, yang Molek dan Mempesona

9ba80-kepulauan-arwah-propinsi-riau-583x250 Kepulauan Arwah (https://www.gosumatra.com)

Kepulauan Arwah terletak di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau Daratan, mempunyai batas Selat Malaka bersebelahan dengan negara tetangga Malaysia memiliki keindahan pantai yang sangat elok. Diantara luas nya Selat malaka terdapat sebuah kepulauan kecil yang sangat eksotis, mungkin kalau kita mencari di peta Indonesia kepulauan ini sangat kecil.

Kepulauan ini tidak seseram namanya dan tidak ada hubunganya dengan hal-hal gaib. Sebaliknya, Kepulauan Arwah memiliki eksotisme yang sangat mengagumkan untuk dikunjungi. Kepulauan Arwah terdiri dari 9 gugusan kepulauan kecil yaitu Pulau Jemur, Pulau Batu Berlayar, Pulau Batu Mandi, Pulau Tokong Simbang, Pulau Batu Adang, Pulau Tokong Pucung, Pulau Pertandangan, Pulau Tokong Mas, dan Pulau Labuhan Bilik.

f0fde-batuan-kepulauan-arwah-propinsi-riau Kepulauan Arwah (https://www.gosumatra.com)

Kesembilan pulau ini adalah pulau kecil yang ditumbuhi beberapa pohon dan vegetasi. Sebagian besar terdiri dari batu-batu besar dan saling berdekatan. Kepulauan Arwah memberikan banyak keindahan landscape perpaduan antara birunya air, pasir putih dan hijaunya tumbuhan dipulau.

Kepulauan Arwah bisa dibilang cukup bersih terbebas dari sampah non organik, karena belum tertalu banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Ombak yang begitu tenang membuat wisatawan tidak perlu takut untuk menikmati keindahan laut dengan berenang, snorkling ataupun diving menikmati keindahan hayati bawah laut. Bagi yang hobi memancing bisa menyewa speedboat untuk mencari spot memancing terbaik dan merasakan kuatnya tarikan ikan-ikan yang berada diantara karang.

Pulau Jemur

f33cc-61696165 Pulau Jemur, Kepulauan Arwah (https://pulaujemur.com)

Diantara sembilan pulau yang ada digugusan Kepulauan Arwah, Pulau Jemur yang paling favorit dikunjungi oleh wisatawan. Pulau jemur yang luasnya sekitas 3,5 kilometer persegi ini mempunyai keindahan bahari yang sangat mengagumkan. Air laut yang bersih, Pasir putih yang lebih membuat wisatawan betah berlama-lama menimati Pulau Jemur. Yang paling menarik adalah, pulau ini sebagai habitat asli penyu hijau yang keberadaanya sekarang sangat jarang ditemui.

Karena dikenal sebagai habitat penyu hijau, Pulau Jemur dinamakan Pak-ku oleh para penduduk di pesisir Rokan Hilir. Arti dari Pak-ku adalah penyu dari udara. Sejauh ini, aspek kelestarian habitat bertelurnya penyu-penyu tersebut lumayan cukup terjaga dari tangan jahil karena keberadaan pos TNI AL.

9a51f-penyu-hijau Tukik (https://kakicemut.blogspot.com)

Namun, Pemerintah Rokan Hilir tetap melakukan kegiatan penangkaran untuk meningkatkan populasi hewan reptil laut berkerang keras itu. Telur penyu yang berhasil menetas akan diletakkan dalam wadah khusus untuk ditangkarkan. Setelah umurnya menginjak 4-6 bulan, tukik (anak-anak penyu) hasil penangkaran tersebut dilepaskan ke laut.

Memang diperlukan waktu penangkaran yang sangat lama agar penyu mampu bertahan di lautan dengan bermacam predator yang mengancam. Meski dapat bertelur dengan jumlah banyak, populasi penyu tidak bertambah banyak. Selain karena ancaman predator dan perburuan, penyu mendapat ancaman dari penyu itu sendiri. Menurut Anda Suriyadi, petugas penangkaran penyu di Pulau Jemur, ketika berada di penangkaran, tukik memang sering memakan temannya sendiri yang umurnya lebih kecil sehingga harus dipisahkan.

8bea6-pulaujemur-01 Pulau Jemur, Kepulauan Arwah (https://pulaujemur.com)

Tukik harus diberi makan pagi dan sore dengan ikan laut secara rutin. Jika lalai, tukik dapat saling bunuh. Oleh karena itu, petugas tidak boleh malas dalam memberi makan agar penyu di Pulau Jemur semakin lestari dan menjadi modal daya tarik wisata.

Apabila beruntung kita akan menemukan seekor penyu yang berlabuh dan bertelur dipantai. Moment yang sangat langka untuk ditemukan. Selain keindahan pantai dan pengakaran penyu hijau, Pulau Jemur juga terdapat Mercu Suar, gua pertahanan Jepang, serta situs tapak kaki orang sakti, perigi tulang, dan batu Panglima Layar.

37000-kw9ncqey

Beberapa gugusan terumbu karang di perairan Kepulauan Arwah yang dangkal juga memiliki potensi untuk dijadikan titik selam dan aktivitas bahari seperti snorkelling. Formasi terumbu karang di sini masih asli, lestari, dan belum banyak dinikmati oleh pencinta pemandangan bawah laut.

Industri wisata di Kepulauan Arwah, terutama di Pulau Jemur sebagai ikonnya, belum tergarap dengan baik.

Transportasi

Perjalanan menuju Pulau Jemur bisa diakses dari Pekanbaru menuju Pelabuhan Bagansiapiapi menggunakan jalur darat. Setelah itu menyewa speedboat dengan selama dua jam dan perjalanan sejauh 72km.

Fasilitas dan Akomodasi

Kepulauan Arwah masih sangat alami, belum adanya ekploitasi. Fasilitas disana masih sangat-sangat minim. Bagi yang menginginkan menginap di Kepualauan ini disarankan di Pulau Jemur dan menginap menggunakan tenda ataupun di pos penjagaan TNI AL.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.