Daftar Pantai di Indonesia yang Masih Perawan

Indonesia adalah negara kepulauan juga negara maritim. Dengan menyandang status tersebut, tak heran Indonesia memiliki banyak destinasi wisata menarik berupa pantai yang tersebar dari ujung Timur hingga ujung Barat Indonesia.

Seperti yang dilansir dari Indonesia.travel, Sabtu (1/11/2014), berikut pantai-pantai yang terdapat di Indonesia dengan keindahannya yang alami dan belum terjamah:

Pantai Pasih Uug, Bali

Pasih Uug dalam bahasa Bali mempunyai arti pantai yang rusak. Berbeda dengan arti yang dimilikinya, pantai ini justru menjadi kawasan wisata yang benar-benar unik dan mempunyai daya tarik yang begitu besar.

Sekilas, pemandangan yang disajikan di Pantai Pasih Uug tidak jauh berbeda dengan pemandangan yang dihadirkan di kawasan wisata Uluwatu.

Perbedaannya hanya saja, di Pasih Uug tidak ada objek wisata seperti pura ataupun kera. Bila Anda mencari suasana yang nyaman dan tenang, tempat inilah jawabannya sebab letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Pantai Sawarna, Banten

Terletak tak jauh dari Jakarta, Pantai Sawarna di Lebak, Banten dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai nan elok dan tergolong masih perawan.

Pantai ini menyajikan kepada Anda hamparan pasir putih sepanjang pantai yang masih sangat bersih sekali dan tampak “perawan”. Air lautnya yang biru jernih benar-benar cocok untuk menjadikan tempat ini wisata impian Anda.

Tak hanya pasirnya yang putih, Anda dapat juga menikmati deruan ombak yang menghantam bebatuan besar di Tanjung Layar. Jangan lupa, siapkan kamera untuk mengabadikan momen-momen spesial yang Anda lakukan di tempat ini.

Pantai Sawarna hanya berjarak sekitar 200 km dari kota Jakarta dan dapat ditempuh melalui 2 jalur, yaitu melalui Rangkasbitung atau Pelabuhan Ratu.

Pink Beach, Flores, NTB

Berbicara Flores pastilah mengingatkan akan Pulau Komodo nan eksotis. Selain Komodo yang dikenal hingga ke seluruh dunia, pulau ini juga memiliki pantai yang tak kalah tenarnya dengan si komodo. Namanya adalah Pink Beach atau Pantai Pink.

Dari jauh, pasir ini tidak akan terlihat pink melainkan hanya putih biasa. Datanglah ke tepiannya dan tunggu sampai ombak menjilat tepian pasir. Warna pink akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering.

Warna merah muda yang ada di pasir ini merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana.

Tepian Pantai Pink adalah surga bawah laut yang membuat siapapun berdecak kagum. Tak perlu menyelam terlalu jauh karena pemandangan cantik ini bisa dinikmati hanya dalam kedalaman tak sampai satu meter.

Pantai Sempu, Malang

Pantai perawan lainnya yang dapat Anda kunjungi adalah pantai yang ada di Pulau Sempu, Malang. Lokasinya berada di pantai selatan Kabupaten Malang dan secara administratif masuk Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pulau Sempu berada tak jauh dari Pantai Sendang Biru. Dari Kota Malang, lokasinya sekira 80 kilometer dan dari ibu kota Jawa Timur, Surabaya jaraknya sekira 180 kilometer.

Daya tarik utama pulau kecil nan cantik ini adalah Laguna Segara Anakan yang terletak sekira 2,5 km arah selatan pulau. Tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis yang lebat, laguna seluas sekira 4 hektar tersebut merupakan tempat yang menawan.

Pantai berpasir putih bertemu dengan birunya air yang tenang dan terpisah dari lautan lepas sebab di kelilingi batuan karang akan semakin menambah pesona dari Pulau Sempu. Air di Laguna Segara Anakan ini tenang dan karenanya merupakan tempat yang sempurna untuk berenang. Dengan lokasinya yang terpencil dan jalur yang agak sulit diakses, Segara Anakan menyuguhkan suasana intim dan privat.

Pantai Adonara, NTT

Pulau Adonara, suatu tempat wisata yang belum terjamah di NTT. Pantai berpasir putih dan senyum ramah penduduk Adonara, melengkapi kecantikan pulau yang berada di sebelah timur Pulau Flores itu.

Untuk dapat menuju ke Adonara, Anda harus terlebih dulu transit di Kupang ataupun Maumere. Jika waktu menjadi salah satu pertimbangan, Anda dapat langsung melakukan perjalanan menggunakan penerbangan pesawat Transnusa ataupun Susi Air yang terbang langsung dari Kupang ke Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur.

Pantai Gondang, Lombok Utara

Dari sekian banyak pantai di Lombok, rupanya masih ada yang sepi dan tak kalah cantik. Inilah Pantai Gondang yang ada di Lombok Utara.

Perjalanan dari Mataram menuju Pantai Gondang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam, dengan kecepatan mobil rata-rata 60 km/jam.

Sepanjang jalan, Anda dapat melihat pemandangan indah sawah-sawah milik petani yang sebagian sedang dipanen. Lalu, Anda dapat melihat monyet-monyet kecil saat memasuki Puncak Pusuk. Di sana hawa sejuk mulai terasa dan banyak monyet-monyet kecil berbaris di sisi jalan. Mereka menunggu wisatawan yang melemparkan makanan kecil.

Pantai Slopeng, Kabupaten Sumenep Madura

Pantai Slopeng merupakan salah satu Pantai Utara di Sumenep selain Pantai Lombang, Pantai ini terletak di Kecamatan Dasuk, 21 km dari Pusat Kota Sumenep. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu hamparan Pasirnya yang cukup menggunung berhias pohon siwalan, pohon kelapa dan juga cemara udang, sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan laut pantai utara Madura ini dari bukit-bukit yang tergolong landai ini.

Pantai Pok Tunggal di Yogyakarta

Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas di Pantai Pok Tunggal benar benar memanjakan mata. Pohon Duras yang tumbuh rindang di bibir pantai menjadi ikon pantai ini. Pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, jadi Anda jangan terkejut bila ada teguran jika memanjat pohon tersebut.

Namun pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar.

Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing.

Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal belumlah lengkap jika Anda tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala.

Sumber: Liputan6

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.