Kemenparekraf Gelar Pawai Budaya Kreatif di Jakarta

Pawai budaya kreatif juga akan menampilkan Reog Ponorogo.(ANTARA/Zabur Karuru)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif segera menggelar pawai budaya kreatif bertema “Indonesia Bersatu” di seputar kawasan Medan Merdeka dan Istana, Jakarta, pada 18 Agustus, menyambut hari ulang tahun ke-69 Republik Indonesia.

Dirjen Ekonomi Kreatif Berbasiskan Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif (Kemenparekraf) Ahman Sya di Jakarta, Selasa, mengatakan pawai tersebut akan dimulai pada pukul 14.00 WIB dan diikuti para peserta dari Tanah Air, juga dihadiri putra-putri pariwisata dari 34 provinsi.

“Para peserta dari daerah tidak saja akan menampilkan mobil hias yang memperlihatkan sejumlah keunggulan lokal, tetapi juga memperlihatkan beragam bentuk kretivitas para seniman yang diwujudkan dalam bentuk tari, musik, dan tampilan menarik lainnya,” katanya.

Pawai Budaya Nusantara (https://travel.kompas.com)

Ahman menjelaskan dari pelaksanaan pawai budaya kreatif itu, dewan juri yang antara lain melibatkan penyanyi dan koreografer Denny Malik akan menetapkan 10 penampil terbaik.

Selanjutnya, bagi peserta yang lolos menjadi penampil terbaik akan memperoleh penghargaan khusus dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dibanding pelaksanaan tahun-tahun lalu, Dirjen Ahman Sya meyakini pelaksanaan pawai budaya kreatif tahun ini akan lebih meriah dan lebih menarik.

Pawai Budaya Nusantara (https://travel.kompas.com)

“Salah satu wujud keberhasilan kepariwisataan Indonesia adalah pengakuan dari wisman (wisatawan mancanegara), bahwa Indonesia menjadi destinasi wisata yang menarik karena kelengkapan dan keunikan pesona alamnya, keramahan penduduknya, dan sejumlah keunggulan lain baik di bidang seni budaya maupun kuliner dan pesona atraktif seni pertunjukannya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Juju Masunah mengatakan pawai budaya kreatif tahun ini akan dimulai dengan beberapa atraksi penampilan marching band di antaranya dari Istiqlal dan Pupuk Kaltim kemudian diikuti parade mobil hias yang akan memperlihatkan uniknya keberagaman dan warna pembangunan di daerah.

“Tampilan ragam seni pertunjukan juga akan diwarnai dengan atraksi Reog Ponorogo yang dimainkan 400 seniman lokal Jawa Timur,” kata Juju.

Pawai Budaya Nusantara (https://www.republika.co.id)

Selain itu, kata dia, masing masing daerah juga telah menyiapkan bentuk-bentuk seni pertunjukan istimewa di depan tribun kehormatan, tempat Presiden dan Ibu Negara serta jajaran pejabat tinggi lainnya akan menyaksikan pentas seni pertunjukan itu selama 2,5 menit.

Pergelaran pawai budaya kreatif itu ke depan diharapkan mampu meningkatkan kreativitas karya seni pertunjukan dalam bentuk karnaval bercirikan budaya Indonesia serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni dan budaya di Indonesia.

Di samping itu juga diharapkan bisa menciptakan gelombang kreatif untuk mewujudkan karya berdaya saing di tingkat nasional dan menciptakan event yang jadi ikon ekonomi kreatif seni pertunjukan untuk daya tarik pariwisata.

Sumber: Antaranews

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.