Tarian Bali Diharapkan dapat Pengakuan UNESCO

Pagelaran Tari Bali Dua seniman membawakan Tari Puspa Wresti dalam pagelaran tari-tari Bali di Lumintang, Denpasar, Bali, Jumat (1/3). P(FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana)

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan dapat mengusulkan tarian Bali untuk bisa mendapat pengakuan dari UNESCO.

“Dalam pengusulan untuk mendapat pengakuan dunia internasional itu setiap negara hanya diizinkan mengusulkan satu tarian,” kata Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kerja Sama Internasional Prof Dr I Wayan Rai.S di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan hal itu ketika mewakili Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti pada sarasehan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36.

Di Bali sendiri terdapat gerak ribuan tari, sehingga masih harus bekerja keras untuk mementukan salah satu di antara ribuan tari itu untuk diusulkan guna mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Mantan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar itu menambahkan, pihaknya masih bekerja keras agar tari Bali bisa masuk, mengingat Indonesia memiliki keragaman seni dan budaya.

“Presiden SBY memberikan perhatian yang serius terhadap pembinaan dan pengembangan seni dan budaya di Pulau Dewata, bahkan untuk urusan seni dan Budaya Bali paling terdepan,” ujar Prof Rai.

Bahkan gamelan Bali dan Jawa luar negeri khususnya di Amerika Serikat semakin berkembang, berkat kedua seni musik tradisional asal Indonesia menjadi mata pelajaran utama di universitas, institut dan lembaga kesenian lainnya.

Selain AS, seni musik tradisional Bali dan Jawa juga berkembang di 26 negara lainnya termasuk Jepang, ujar Rai yang mengaku sedang mengumpulkan data tentang penyebaran kesenian Indonesia di luar negeri.

Di AS sendiri kini diperkirakan ada sekitar 200 set gamelan yang aktif digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar serta pementasan.

Selain gamelan Bali dan Jawa, musik daerah lainnya dari Indonesia juga dipelajari secara intensif di negara Adikuasa itu.

Oleh sebab itu pengakuan UNESCO terhadap tarian Bali maupun tarian daerah lainnya di Indonesia akan mampu meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional, ujar Prof Wayan Rai.

Sumber: Antaranews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.