Danau Sentani

87013-sentanilake2 Danau Sentani dari kejauhan (https://awalinfo.blogspot.com)

Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektare. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

12ed4-lakesentani Kemolekan Danau Sentani (https://awalinfo.blogspot.com)

Danau Sentani dan sekitarnya dahulu merupakan tempat pelatihan untuk pendaratan pesawat amfibi. Landasan ini dibangun oleh Jepang yang kemudian diambil alih oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1944. Legenda perang Amerika, Jenderal McArthur dikatakan pernah tinggal di danau dan di 22 pulau di dalamnya.

Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau, sebagai pelengkap di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di danau sentani.

a10de-danau-sentani-indonesiabigtourism Danau Sentani (https://awalinfo.blogspot.com)

Di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani (FDS) biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahun, FDS sendiri telah ditetapkan sebagai festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

cda4a-oxyeleotrisheterodon-foto-byhendrikpalo Ikan gabus danau sentani (Oxyeleotris heterodon) – https://hendrikpalo.blogspot.com

Di danau ini terdapat 33 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik danau sentani yaitu ikan gabus danau sentani (Oxyeleotris heterodon), Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus) dan Hiu gergaji (Pristis microdon). Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Danau Sentani juga dijadikan lokasi wisata untuk berenang, bersampan, menyelam, memancing, ski air serta wisata kuliner. Diantara ketiga ikan endemik danau sentani yang populasinya semakin menyusut adalah ikan gabus danau sentani,hal ini dikarenakan telur ikan ini dimakan oleh ikan gabus dari jenis yang lain, dan tak ada ikan Paus.

e42c7-640px-glossolepisincisus Ikan Pelangi Merah (Glossolepis incisus)

Hiu gergaji (Pristis Microdon) merupakan ikan asli danau ini, namun kini diperkirakan sudah punah. Ikan ini merupakan salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu Sentani.

813b2-chilatherina_sentaniensis Ikan Pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis) – https://www.rainbowfish.info

0279b-hiu-gergaji Hiu gergaji (Pristis microdon) – https://id.wikipedia.org

Menaiki perahu di danau merupakan pengalaman yang indah, Anda bisa menyewa perahu bermotor di salah satu desa. Merasakan hembusan angin membelai kulit dan rambut Anda ketika melaju di danau, mengabadikan rumah-rumah panggung dan berkenalan dengan penduduk setempat hanya bisa Anda dapatkan dan rasakan di danau ini.

Lokasi atau obyek yang menarik untuk dikunjungi

1. Di desa Taturi, lukisan batu adalah suatu keajaiban yang layak dikunjungi. Terletak di sebuah bukit kecil di tepi danau, Anda bisa menikmati batu ini sambil berperahu. Desa lain yang menawarkan pemandangan indah adalah Doyo Lama, tempat seni lukisan batu. Danau ini adalah titik awal yang fantastis untuk memahami budaya Papua.

2. Sisa-sisa Perang Dunia II tersebar di sekitar danau ini seperti markas komando penting selama perang. Di salah satu bukit, di Gunung Ifar, sebuah monumen dibangun untuk memperingati komando militer Amerika Jenderal McArthur. Dari monumen ini Anda bisa menikmati pemandangan spektakuler danau.

4d1d8-kantormacarthur Kantor Jenderal McArthur di Sentani (https://viertaz.wordpress.com)

3. Desa di sekitar Danau Sentani mempunyai adat yang berbeda, namun berasal dari beberapa budaya yang sama sebagaimana terlihat dari kepercayaan dan ritual mereka. Isolo, misalnya, adalah sebuah upacara yang menyatukan perbedaan budaya dari 24 desa di sekitar danau. Upacara ini juga dapat dilihat sebagai bagian dari Festival Danau Sentani yang dihelat selama bulan Juni.

caaa2-1347191kampung-di-sentani780x390 Kampung di Danau Sentani (https://travel.kompas.com)

4. Pulau Asei adalah salah satu rumah seniman di sekitar danau. Pulau Asei dikenal dengan kain kulit kayunya yang bermotif indah dan unik. Kain kulit kayu adalah pakaian tradisional perempuan Sentani yang kebanyakan wanitanya beraktivitas dengan menangkap ikan di danau. Motif spiral pada kain melambangkan kehidupan di Danau Sentani, ada buaya, ikan gergaji, serta motif campuran yang juga dimiliki Suku Asmat seperti bipane, sebuah simbol gading babi hutan, dan tokoh-tokoh Asmat.

5542e-img_20121201220146_50ba1bda0d52b Gerbang masuk menuju kampung Asei Besar di tengah danau Sentani (https://travel.detik.com)

bc60d-img_20121201220418_50ba1c72923c5 Beragam corak lukisan kulit kayu yang dibuat masyarakat Asei (https://travel.detik.com)

5. Festival budaya tahunan Danau Sentani adalah daya tarik utama yang digelar di Kalkote, Sentani. Festival ini digelar Pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut dan dimeriahkan dengan tarian perang diatas kapal, yang merupakan daya tarik spektakuler bagi pengunjung. Beberapa perwakilan desa dari seluruh Papua dan Indonesia berpartisipasi untuk menunjukkan keterampilan budaya mereka. Dua festival sebelumnya telah berhasil dipentaskan. Silakan kunjungi www.sentanilakefestival.com untuk rincian.

1344a-festivaldanausentani Salah satu tarian di Festival Danau Sentani (https://bayuwinata.files.wordpress.com)

Penginapan

Bandara Sentani Jayapura merupakan pusat untuk memulai perjalanan Anda ke pedalaman Papua. Lima menit berkendara dari bandara Anda bisa menemukan Hotel Sentani Indah. Namun akan Lebih mudah untuk menemukan akomodasi di Jayapura. Ada sejumlah hotel di sini Salah satu hotel terbaik yang ada di Jayapura adalah Swiss-Belhotel yang memiliki 96 kamar.

Kuliner

Restoran Mickey yang berada di sekita Danau Sentani dan Jayapura cukup nyaman untuk Anda singgahi.

Restoran Yougwa kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan saat berkunjung ke Pulau Asei terletak di sekitar aula para seniman lokal. Anda dapat makan siang dan membeli berbagai macam barang seni dan kerajinan Papua. Restoran lain juga tersedia di tepi danau yang menyediakan menu udang dan ikan air tawar.

Jika pilihan makanan yang tersedia terlalu terbatas untuk Anda, Anda dapat pergi ke Jayapura untuk menemukan restoran dan tempat-tempat makan lainnya seperti di pasar malam.

Berbelanja

Pasar Hamadi adalah tempat yang menarik untuk membeli suvenir khas Papua khususnya benda-benda seni yang bermotif Danau Sentani. Pasar ini dekat dengan Pantai Hamadi, di mana Anda juga dapat melihat sisa-sisa Perang Dunia II.

Pulau Asei adalah tempat untuk menemukan kain kulit kayu dengan motif  indah yang dibuat oleh seniman lokal. Motifnya sangat unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Jika Anda tertarik, Anda bisa menelusuri setiap tempat yang diwakili oleh setiap motif suvenir yang Anda beli. Sebagai contoh, motif buaya menunjukkan sungai-sungai di Papua, dan tempat terdekat untuk menemukan buaya adalah di Danau Sentani dan Jayapura.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Teungku Di Anjong Banda Aceh Aceh (Video)

Sun Jul 20 , 2014
Masjid Teungku Dianjong terletak di Kelurahan Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh. Untuk menuju lokasi tersebut dapat dilalui oleh kenderaan bermotor karena jalan menuju lokasi tersebut sudah beraspal. Masjid tersebut terletak dekat sungai Aceh, sebelah Barat pasar Peunayong, BandaAceh sehingga di samping dapat melihat kebesaran sejarah mesjid tersebut, juga dapat […]