Tempat Pentas Seni Budaya di Surakarta Jawa Tengah

SAMSUNG DIGITAL CAMERA

Solo merupakan kota penuh nuansa sejarah dan budaya, memilki tradisi Jawa yang dibanggakan masyakatnya. Sebuah tempat yang akan membuat Anda terkesima dengan beragam atraksi warisan budaya Jawa kuno. Paling tidak beberapa hari harus Anda sisihkan untuk menikmati semua sajian wisata yang mengagumkan di sini. Dari menjelajahi kota sambil melihat keraton, mengunjungi pasar tadisional, berbelanja batik dan kerajinan yang berkualitas, melihat atraksi tarian solo yang penuh keagungan, wayang kulit, kuliner yang lezat, dan tentunya berkomunikasi langsung dengan masyarakatnya yang ramah.

Kota Solo atau disebut juga Surakarta adalah kota kuno yang dibangun Paku Buwana II. Riwayat kota ini tidak bisa lepas dari sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam. Surakarta dikenal sebagai salah satu pusat dan inti dari kebudayaan Jawa kuno karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa. Kemakmuran wilayah ini sejak abad ke-19 telah mendorong berkembangnya berbagai literatur berbahasa Jawa, tarian, makanan, pakaian, arsitektur, dan beragam hasil budaya indah lainnya.

1. Gedung Wayang Orang Sriwedari
JL. Brigadir Jenderal Slamet Riyadi, No. 275, Penumping, Laweyan, Surakarta
Telp.: +62 271 711435

4c517-tamansriwedari04 (https://www.skyscrapercity.com)

Pakubuwono X pada mulanya membuat Taman Sriwedari sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan, terinspirasi mitos tentang keberadaan sebuah taman di surga. Pada awalnya, taman ini terletak di sebuah lokasi yang dinamakan Kebon Rojo atau Taman Raja, namun seiring perkembangan jaman, kebun binatang ini dipindah ke daerah jauh dari pusat kota. Saat ini, taman rekreasi ini mempunyai beberapa fasilitas hiburan baik untuk anak kecil maupun dewasa, restoran-restoran kecil, dan stand penjualan suvenir.

9fa0d-gdwayangorangsriwedari (https://meenviro.blogspot.com)

c381d-pertunjukan-tradisional-jawa-wayang-orang-sriwedari-solo Pertunjukan Wayang Orang (https://chic-id.com)

Di dalam kompleks taman ini juga terdapat sebuah atraksi yang terkenal yaitu wayang orang di GWO. Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari adalah sebuah gedung pertunjukan wayang orang yang ada di Taman Sriwedari. Tempat ini menyajikan seni pertunjukan daerah wayang orang yang menyajikan cerita wayang berdasarkan pada cerita Ramayana dan Mahabarata. Pada kesempatan tertentu juga digelar cerita-cerita wayang orang gabungan antara wayang orang sriwedari dengan wayang orang RRI Surakarta dan bahkan dengan seniman-seniman wayang orang Jakarta, Semarang, ataupun Surabaya.

99851-petalokasitamansriwedarisolo Peta Lokasi Taman Sriwedari Surakarta (https://maps.google.co.id)

2. Taman Balekambang
Kantor UPTD Kawasan Wisata Taman Balekambang, Jl. Balekambang No. 1 Surakarta
Telp.: +62 271 736227

64591-taman-balekambang-solo-230114-sunaryo-haryo-bayu-solopos (https://www.solopos.com)

Taman Balekambang merupakan Taman Seni dan Budaya, Taman Botani, Taman Edukasi dan Rekreasi di Kota Solo.

89fc4-petabalekambang Peta Bale Kambang (https://tamanbalekambang.blogspot.com/)

Taman yang dibangun oleh kerabat Mangkunegaran ini terletak di jalan Ahmad Yani, agak jauh dari pusat kota. Kita bisa melihat kolam ikan dan kolam renang di dalam taman ini dan di tengahnya terdapat rumah indah dikelilingi bunga-bunga. Anda bisa datang untuk melihat gedung kesenian Ketoprak, yang terdapat di dalam area ini juga.

3. Taman Budaya Jawa Tengah 
Jl. Ir Sutami no. 57 Kentingan, Jebres, Surakarta
Telp.: +62 271 635414
Fax.: +62 271 637215

64972-tbjt-is-ariyanto (https://www.solopos.com)

Dari berbagai lokasi pertunjukan di Kota Solo atau Surakarta ada satu tempat yang rutin dan menjadi pusat berkumpul dan pentasnya para pekerja seni yaitu Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) atau yang dulu dan masih sering dikenal dengan sebutan Taman Budaya Surakarta atau TBS.

477b7-tbjw (https://wikimapia.org)

Di Pendopo Agung, dalam kawasan Taman Budaya Jawa Tengah ini banyak acara-acara bertema budaya rutin digelar seperti Keroncong Asli atau pergelaran wayang kulit Jum’at Kliwon.

3c9b7-petalokasitamanbudayajawatengah Peta Lokasi Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta (https://maps.google.co.id)

4. Institut Seni Indonesia (ISI)
Jl. Ki Hajar Dewantara 19, Surakarta
Telp. +62 271 647658
Website: https://isi-ska.ac.id

SAMSUNG DIGITAL CAMERA (https://jogjatrip.com)

Kampus ISI Surakarta juga menyediakan fasilitas belajar luar ruangan berupa taman, panggung teater, dan panggung terbuka. Sebuah taman kecil yang diberi nama Taman Eden merupakan ruang bagi mahasiswa untuk berdiskusi. Panggung terbuka digunakan untuk menggelar pertunjukan di luar ruangan. Sedangkan pementasan teater, musik, pementasan tari, maupun pementasan kesenian yang lain dapat menggunakan Teater Humardani dan Teater terbuka.

5. Balai Soedjatmoko (Bentara Budaya Solo)
Jl Slamet Riyadi 284 Solo
Telp. & faks. : 0271 741990

d5c43-balaisoedjatmoko (https://kekunaan.blogspot.com)

Sebuah bangunan kuno yang telah direnovasi dan diubah menjadi sebuah pusat apresiasi seni dan budaya oleh Group Kompas Gramedia.

09184-petalokasibentarabudayasoloPeta Lokasi Balai Soedjatmoko (Bentara Budaya Solo) Surakarta (https://maps.google.co.id)

Balai ini semakin aktif dalam kegiatan seni dan budaya ketika pada Januari 2009 tergabung bersama pengelola Bentara Budaya. Bentara Budaya sendiri adalah rumah seni serta galeri bentukan Kompas Gramedia dan sudah ada sejak 1982. Dan seperti yang dapat terlihat hingga hari ini, balai apresiasi seni dan budaya ini secara rutin menggelar kegiatan seni dengan program-progamnya yang melibatkan banyak seniman dan non seniman lokal di sekitar Solo.

6. Galeri Rempah (Remukan Sampah) Rumahkarya
Desa tegalmulyo rt 2 rw 4, Gajahan, Colomadu, Surakarta atau
Jl. Adisucipto km 4, Karanganyar, Jawa tengah-Solo, Indonesia
Koordinat GPS 7° 32’ 19.97″ S dan 110° 45’ 33.69″ E
Telp.: +62 271 768 5911
Email: rempahrumahkarya@gmail.com

0ff21-13109562961774011883 (https://unik.kompasiana.com)

Rempah Rumahkarya membuka diri sebagai wadah bagi profesional dalam komunitas-komunitas kreatifnya masing-masing: himpunan tenaga ahli, desainer, arsitek, seniman, wiraniaga, maupun profesional lainnya untuk saling berbagi, menguatkan, dan bersinergi dalam tindakan nyata”

One thought on “Tempat Pentas Seni Budaya di Surakarta Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.