Batik Boyolali

3

bf4a9-batik-glugu

Boyolali adalah salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Jawa Tengah terletak di lereng gunung Merapi dan Merbabu sehingga memiliki pemandangan alam yang eksotis. Kabupaten Boyolali juga memiliki Bandara Internasional yaitu Bandara Adi Sumarmo yang berjarak 25 km dari Kota Budaya Surakarta (Solo) yang merupakan koridor jalur wisata Solo – Selo – Borobudur (SSB). Boyolali terkenal dengan susu sapinya serta memiliki motto “BOYOLALI TERSENYUM” (Tertib, Elok, Rapi, Sehat, Nyaman untuk Masyarakat).

Batik Boyolali masih tergolong masih muda, pada tahun 2010 Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono, menjadi salah satu desa yang dipilih untuk perintisan motif batik khas Boyolali dan rencananya akan dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu kawasan sentra batik di Boyolali.

Batik Boyolali motif Serat pohon kelapa (Glugu)

c7a32-batikboyolalimotifglugu(https://www.sarmutpapua.com)

Bermotif serat pohon kelapa, kerajinan batik glugu kini telah berhasil menambah kekayaan motif batik di Boyolali dengan ciri khasnya yang unik. Bahkan, masyarakat luas dapat menerima kemunculan batik glugu sebagai motif baru dalam tradisi seni kerajinan batik. Sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan swasta serta perorangan telah menggunakan batik glugu sebagai seragam batik resmi.

Batik glugu diprakarsai kemunculannya oleh Muhammad Amin (43) warga Dukuh Godeg Desa Ngenden Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Setelah muncul di pasaran, kini bahkan telah dibuatkan hak paten atas namanya. Ide kreatifnya sebagai pencipta batik glugu muncul saat dirinya menekuni perdagangan kayu glugu tahun 2009 lalu.

Batik Boyolali

bf4a9-batik-glugu (https://solorayaonline.com)

Batik Boyolali

7cc4f-batikboyolali(https://belanja-ikm.blogspot.com)

36b46-batikboyolali-2(https://belanja-ikm.blogspot.com)

Motif serat glugu ternyata sangat unik, tiap kayu glugu memiliki motif yang selalu berbeda dengan glugu lainnya. Jadi motif serat glugu ini jika dijadikan motif batik jumlahnya akan mencapai jutaan motif.

Sampai saat ini dari galeri yang didirikan di pelosok dukuh Godeg Desa Ngenden Kecamatan Ampel tersebut telah tercipta 3.800 motif batik glugu, termasuk beberapa motif langka yang sudah tidak dapat diproduksi lagi karena sudah tidak ditemukan motifnya lagi.

1fd9a-batikboyolali(https://ananthategar.wordpress.com)

Selain itu, batik Boyolali yang bermotif Kepala Sapi, Jagung, Kacang, Tembakau, Ikan, dan pegunungan ini melambangkan betapa suburnya alam Boyolali.

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Batik Boyolali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Kota Magelang

Thu Jun 5 , 2014
Kota Magelang terletak di Propinsi Jawa Tengah, Magelang identik dengan Candi Borobudur. Kota Magelang, dulunya mendapat sebutan “tuin van java” atau kota kebun, karena begitu hijaunya kota ini. Selama ini Magelang memang bukan termasuk wilayah penghasil batik. Meski demikian jangan dikira kerajinan batik tidak hidup di daerah ini. Sekitar tahun […]

You May Like