Batik Blora

2

6c09c-20131018-213235_nv310506nvbatik_blora_motif_daun_jati_1-185x192

Kabupaten Blora merupakan sebuah kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Sekitar 127 km sebelah timur Semarang. Berada di bagian timur Jawa Tengah, Kabupaten Blora berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Blora adalah daerah penghasil minyak bumi paling utama di Pulau Jawa, terdapat di bagian timur Kabupaten Blora. Menurut cerita rakyat Blora berasal dari kata “belor” yang berarti lumpur, kemudian berkembang menjadi mbeloran yang akhirnya sampai sekarang lebih dikenal dengan nama Blora. Secara etimologi Blora berasal dari kata wai + lorah. Wai berarti air, dan Lorah berarti jurang atau tanah rendah. Dalam bahasa Jawa sering terjadi pergantian atau pertukaran huruf W dengan huruf B, tanpa menyebabkan perubahan arti kata. Jadi nama Blora berarti tanah rendah berair, ini dekat sekali dengan pengertian tanah berlumpur.

Batik Blora

76f9b-batikblora1 Sumber: https://www.facebook.com/batikblora.mustikajati

Selama ini, hampir di sejumlah daerah di Jawa Tengah memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas. Meskipun belum setenar daerah lainnya, batik khas Blora juga mulai diminati konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air. Bahkan, wisatawan mancanegara juga mulai tertarik dengan motif batik khas Blora. Motif-motif batik khas Blora umumnya hampir sama dengan motif batik Surakarta, yaitu kembang manggar, semen romo (sulur-sulur kembang), dan lar (bulu). Selanjutnya, dikembangkan motif batik khas Blora, seperti motif daun jati dan mustika yang mengandung filosofi hidup dan etos kerja.

Batik Blora Motif Daun Jati 

f99df-batikbloramotifdaunjati1 Sumber: https://bappedablora.blogspot.com

17002-batikbloramotifdaunjati2 Sumber: https://mustika-galery.blogspot.com

Batik Blora diperkenalkan pada 2008, sebagai simbol potensi Blora yang 40 persen luasan wilayahnya merupakan hutan jati. Selanjutnya, pada 2009 Pemda setempat mendesain batik mustika yang mengusung kekhasan Blora, seperti kilang minyak, barongan, tayub, satai, sedulur sikep atau Samin, daun jati, motif alur jati, motif panen lombok, motif tunggak semi, motif pompa minyak, motif jual satai, motif daun kering, moif daun gugur, motif ontoseno, motif kembang kantil, dan motif sekar jagat yang merupakan kumpulan dari berbagai motif khas Blora.

Batik Blora Motif Jual Satai 

bfef4-batikbloramotifjualsatai1 Sumber: https://mustika-galery.blogspot.com

d8eb1-batikbloramotifjualsatai2Sumber: https://mustika-galery.blogspot.com

Batik Blora Motif Sekar Jagad 

98b73-batikbloramotifsekarjagadSumber: https://bappedablora.blogspot.com

Blora memang dikenal dengan hasil buminya, seperti minyak dan gas bumi, sedangkan barongan merupakan kesenian lokal yang coba dilestarikan, sedangkan satai merupakan makanan yang dianggap khas dan cukup populer di Kota Blora, demikian halnya sedulur sikep. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga Batik Blora berbeda dengan motif maupun corak dengan daerah lainnya.

Batik Blora Motif Pompa Minyak 

95f70-batikbloramotifpompaminyakSumber: https://gumelar.web.id

Untuk mendapatkan batik khas Blora, anda bisa mengunjungi beberapa galery batik, di antaranya Galeri Batik Mustika yang ada di Jalan Nusantara, Desa Blumbungan, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Sentra batik juga terdapat di Kecamatan Cepu. Selain itu masyarakat juga bisa melihat Batik Blora di ruang pamer Dekranasda di gedung Samin Surosentiko sebelah barat kantor Bupati Blora jl. Pemuda No. 12.

Batik Blora 

87acb-batikblora2Sumber: https://www.facebook.com/batikblora.mustikajati

Upaya Pemerintah untuk memperkenalkan Batik Blora ke khalayak umum yaitu dengan diadakannya kirab budaya Kabupaten Blora yang menampilkan kostum-kostum unik berbahan Batik Blora. Selain itu Pemerintah setempat juga mewajibkan PNS dan anak sekolah untuk memakai batik pada hari tertentu. Pemerintah membantu pengrajin dalam masalah pemasaran dan harga. Selain itu Pemerintah juga mendaftarkan hak paten terhadap motif tertentu agar dijadikan motif khas Blora.

Kirab Budaya Kabupaten Blora 

a091c-kirabbudaya1Sumber: https://blorakab.go.id

75534-kirabbudaya2Sumber: https://blorakab.go.id

Menggunakan Batik Blora berarti mendorong majunya perekonomian masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan juga mendorong masyarakat untuk mandiri. Sahabat Fitinline juga bisa berpartisipasi dengan cara membeli dan menggunakan batik khas Blora seabgai salah satu pilihan berbusana anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

2 thoughts on “Batik Blora

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Batik Karanganyar

Thu May 1 , 2014
Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Tengah, sekitar 14 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini memiliki salah satu jenis produk sandang yang berkembang pesat di Kabupaten Karanganyar sejak beberapa dekade, bahkan beberapa masyarakat Indonesia telah mengenal batik baik dalam coraknya yang tradisional maupun yang […]

You May Like