Wisata Belanja Murah di Jambi

Pasar Sitimang, Jambi (https://riaubisnis.com)

Jambi tidak hanya memiliki potensi wisata budaya, alam dan historis. Namun provinsi yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan ini juga mempunyai wisata belanja yang dapat memanjakan peminat shopping.

1. Pasar Sitimang

Pasar Sitimang, Jambi (https://riaubisnis.com)

Terkenal sejak lama sebagai tempat berburu keramik mewah berharga miring, Pasar Sitimang kerap disambangi pembeli dari berbagai kalangan.

Koleksi keramik yang bisa ditemukan di pasar ini, mulai dari peralatan makan, jam dinding, guci, vas bunga, toples dan lainnya. Soal harga juga cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari jenis keramik yang diinginkan.

Salah satu kelebihan sentra ini adalah produk yang dijual selalu up to date atau mengekor tren model keramik luar negeri. Tak heran, sentra ini kerap disambangi oleh para kolektor keramik impor karena kualitas keramik yang bagus dan desain yang unik. Selain itu, keramik di pasar ini diimpor langsung dari China dengan kualitas terbaik.

2. Pasar Kuala Tungkal

Muara Tungkal yang terletak 125 Km sebelah utara Kota Jambi. Pasar tradisionalnya menyuguhkan suasana yang lain. Ikan segar yang dibawa oleh kapal-kapal, setiap pagi dibongkar tak jauh dari pasar yang lagi-lagi dibangun di atas panggung. Udang, kerang, kepiting, dan ikan beraneka ragam akan memuaskan anda yang hobi pada makanan laut. Berbagai bahan kebutuhan pokok seperti gula, beras, bawang putih, makanan, dan minuman kaleng asal luar negeri masuk ke Provinsi Jambi melalui Kuala Tungkal.

Selain pasar tradisional, di sepanjang jalan menuju pasar berderet toko-toko yang menjual barang seken seperti komputer bekas, ban mobil bekas dan berbagai barang elektronik bekas keperluan rumah tangga dapat ditemui di tempat ini.

3. Pasar Senggol Dumai

Pasar Senggol Dumai. Pasar yang berada di Jalan Sudirman, Dumai ini menyediakan lokasi wisata belanja murah. Pasar tersebut menghadirkan aneka pakaian, tas dan busana laik sisa ekspor. Maklum Dumai merupakan satu pintu gerbang masuknya barang impor dari Malaysia.

4. Sentra penjualan Batik khas Jambi

Warna-warni beragam batik jambi (baca: Batik Jambi) terpampang di toko-toko disepanjang Jalan Sumantri Brojonegoro, Simpang Pulai, Jambi.

5. Souvenir 

a. SAD Rengke-rengke

Souvenir Rengke-rengke (https://prast-adi.blogspot.com)

Jalan Kacapiring, Telanaipura, Jambi, souvenir berupa Rengke-Rengke, ini adalah usaha kerajinan tangan khas dari Suku Anak Dalam

b. Souvenir Art Shop, Jl. Cut Nyak Dien, Jambi

c. Art Shop, Jl. Prof. Maschun Sofwan, Jambi

One thought on “Wisata Belanja Murah di Jambi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.