Perhiasan Tradisional Sumatera Barat

(https://pengantinku.blogspot.com)

Dalam adat Minangkabau, pernikahan merupakan salah satu masa peralihan yang sangat berarti karena merupakan permulaan masa seseorang melepaskan diri dari kelompok keluarganya untuk membentuk kelompok kecil milik mereka sendiri. Karena itu peristiwa pernikahan sangatlah penting bagi siklus kehidupan seseorang. Hari tersebut merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh kedua calon mempelai dan keluarga dari kedua belah pihak. Ditandai dengan prosesi upacara adat dan keagamaan yang sesuai dengan pepatah minang “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah”. Seluruh rangkaian upacara pernikahan adat, perlengkapan, tata rias membutuhkan persiapan yang lama dan sangat terperinci.

Aksesori atau perhiasan wanita pada Pakaian Adat Sumatera Barat antara lain :

1. Suntiang Anak Daro (Mahkota)

Suntiang Anak Daro (https://id.pinterest.com)

Hiasan mahkota wanita, dipakai pada waktu upacara perkawinan. Bahan yang asli adalah emas murni. Berbagai macam bentuk hiasan anak daro atau pengantin perempuan, bahan imitasi yang disepuh emas.

Secara garis besar jenis suntiang ini adalah :

1. Suntiang bungo pudieng (suntiang berbunga puding)
2. Suntiang pisang saparak (suntiang pisang sekebun)
3. Suntiang pisang saikek (suntiang pisang sesisir)
4. Suntiang kambang loyang (suntiang pisang sesisir)

Hiasan kepala pengantin (suntiang) dari abad ke-19 Masehi. Suntiang ini digunakan oleh pengantin perempuan Minangkabau di daerah Solok.Pada bagian bawah suntiang terdapat bungai yang menjuntai dan bagian utama suntiang dihiasi dengan ukiran serta untaian bunga emas. Suntiang ini dibuat dari emas dan metal.

Suntiang (http://lacultureindo.blogspot.com)

2. Dukuah (Kalung)

Beragam Kalung (https://gitarolis2.blogspot.com)

Ada bermacam-macam Dukuah, ada yang disebut kalung perada, daraham, cekik leher, kaban, manik pualam dan dukuh panyiaram.

3. Galang (Gelang)

Beragam Gelang (https://gitarolis2.blogspot.com)

Gelang ini biasanya digunakan oleh bansawan atau orang-orang kaya di Minangkabau. Selain itu, gelang ini berfungsi sebagai pamaga (pemagar) yang merupakan simbol dari niniak mamak yang bermakna bahwa tindak tanduk pengguna harus sesuai dengan aturan. Tampak gelang ini dihiasi degan permata merah (rubi) yang diselipkan pada benang emas yang telah dibentuk sedemikian rupa dengan pengaruh Aceh. Gelang ini berasal dari Tanah Datar, Batu Sangkar.

Beragam gelang (http://lacultureindo.blogspot.com)

Gelang pengantin atau disebut juga dengan nama gelang besar (galang gadang). Gelang ini biasanya digunakan oleh pengantin perempuan Minangkabau ditangannya yang sebelah kanan. Galang gadang ini berasal dari sekitar abad ke-18 sampai abad ke-19 Masehi.

Galang gadang (http://lacultureindo.blogspot.com)

Menurut ragamnya gelang ini ada yang disebut galang bapahek, galang ula, kunci maiek, galang rago-rago, galang basa.

Gesper (*)

Beragam gesper (http://lacultureindo.blogspot.com)

Berbagai macam model gasper yang digunakan oleh bangsawan atau orang-orang kaya Minangkabau di abad ke-19. Gesper-gesper ini biasanya digunakan pada saat acara tertentu seperti acara pernikahan dll. Gesper yang berukuran besar biasanya digunakan oleh laki-laki, sedangkan gesper yang lebih kecil digunakan oleh perempuan. Gesper-gesper ini terbuat dari emas dan perak, dihiasi dengan permata dan batu berharga lainnya. Selin itu, gesper-gesper ini dihiasi dengan berbagai macam ukiran yang sangat rumit berbentuk seperti bunga merambat.

Gesper (http://lacultureindo.blogspot.com)

Cincin (*)

Beragam cincin (http://lacultureindo.blogspot.com)

Beragam macam jenis cincin dari abad ke-19 Masehi. Cincin-cincin ini berbahan dasar emas yang dihiasi dengan permata dan batu berharga lainnya.

Cincin unik dengan tiga kepala (http://lacultureindo.blogspot.com)

Cincin unik dengan tiga kepala. Cincin ini terbuat dari emas yang dihiasi dengan benang emas yang dibentuk sedemikian rupa. Masing-masing kepala dihiasi dengan permata (batu berharga). Cincin ini diperkirakan berasal dari sekitar abad ke-19 Masehi.

(*) baru

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Rangking Cadangan dan Hasil Tambang Emas Dunia 2013

Fri Apr 11 , 2014
(https://gpswisataindonesia.info) 580 Besar Cadangan dan Penghasil Emas Dunia (halaman 19 dari Laporan Ranking) 50 Besar Penghasil Emas Dunia (halaman 31 dari Laporan Ranking) Mau baca laporannya sebanyak 40 halaman, disini. Buat seluruh komponen anak bangsa, baik Pengrajin Emas, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Seluruh Nusantara, Pencinta Perhiasan Tradisional Nusantara baik […]