Kebun Raya Samosir Sumatera Utara

14fff-lokasi_3 Kebun Raya Samosir Sumatera Utara

Secara geografis Kebun Raya Samosir terletak di Pailit, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Provinsi Sumatera Utara. Koodinat geografisnya 2° 37’ 54” LU dan 98° 52’ 07” BT, ketinggian 900 – 1100 meter dpl dengan luas 100 ha. Berjarak ± 2,7 Km dari Dermaga Feri Tomok, sekitar ± 35 km dari Kecamatan Pangururan sebagai Ibukota Kabupaten.

49c1e-nepenthes

Sebagai destinasi pariwisata Internasional di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, tentunya nama Danau Toba sudah tidak asing lagi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tapi tahukah Anda bahwa disekitar Danau Toba saat ini terdapat sebuah potensi wisata alam yang sedang dibangun sebagai kawasan konservasi ? Ya, kawasan tersebut adalah Kebun Raya Samosir.

25224-kr_samosir_4

Berawal dari adanya keinginan Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir untuk membangun sebuah kebun raya disambut dengan respon positif dari berbagai pihak. Terlebih, Kabupaten Samosir merupakan bagian dari Pulau Sumatera yang kaya akan spesies tumbuhan Jika Anda ingin menikmati keindahan flora pegunungan Sumut diatas kaldera terbesar di dunia, kawasan Kebun Raya Samosir akan menjadi pilihan yang tepat, karena kawasan dengan luas sekitar 100 ha ini nantinya akan mempunyai eksotika tersendiri di tengah hawa sejuk khas dataran tinggi yang berhembus di sekitar Danau Toba, bagaimana tidak karena jarak dari lokasi ke tepi Danau Toba hanya sekitar 200-300 m, dengan perbedaan ketinggian kurang dari 200 m.

750bd-kr_samosir_5

Dengan memilih tema sebagai Kawasan Konservasi Tumbuhan Dataran Tinggi Sumatera Utara, Anda tidak hanya mendapatkan pesona wisata alam saja tapi sekaligus dapat menikmati pesona wisata sejarah budaya karena perencanaan arsitektur bangunan dan tata letak lokasi koleksi tumbuhan Kebun Raya Samosir tidak lepas dari aspek filosofi dan budaya Batak. Misalnya penggunaan ornamen cicak sebagai simbol kesetiaan.

81ab8-kr_samosir_9

Tanaman yang dikoleksi nantinya menampilkan jenis pinus endemik, koleksi tumbuhan obat, pewarna alam, penghasil buah dan kayu serta tanaman hias pegunungan yang akan ditata sesuai tema di area Taman Persahabatan yang tidak lepas dari budaya Suku Batak Toba yang memanfaatkan vegetasi khas dalam kehidupan sehari-hari sebagai rempah-rempah, obat tradisional, pewarna ulos dan upacara adat.

794c7-kr_samosir_11

Sampai saat ini Kebun Raya Samosir telah membangun Kantor pengelola, pembibitan, embung, jalan lingkungan, melengkapi tumbuhan koleksi yang tertanam dengan sistem pendataan sesuai kaidah perkebunrayaan sebanyak 540 jenis, 1.088 spesimen, serta peningkatan kapasitas SDM pengelola yang nantinya sebagian akan diarahkan ke kegiatan penelitian di KR Samosir.

4cb2d-kr_samosir_15

Anda pun dapat berkunjung ke kawasan ini nantinya sembari memandang panorama yang terbentang di sekitar danau. Bahkan bagi Anda yang menyukai kegiatan hiking, Anda pun juga bisa berjalan-jalan menelusuri keindahan perbukitan yang terdapat di sekitar danau. Nuansa alami dengan hijaunya perbukitan dan jernihnya air danau akan memanjakan mata Anda.

bad4a-rodomirtus

Untuk saat ini akses kelokasi dapat Anda tempuh melalui perjalanan menggunakan transportasi umum antar kota yang sudah tersedia melalui jalan propinsi. Atau Melaui jalan lingkar dalam Samosir dengan jarak 2,7 Km ke Dermaga Ferry Tomok arah selatan, dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui lahan persawahan penduduk sejauh kurang lebih 500 meter.

Informasi lebih lanjut hubungi

Kebun Raya Samosir 
Dinas Kehutanan dan Perkebunan
Jl. Hadrianus Sinaga, Pangururan, Samosir, Sumatera Utara
Telp. (62) 626 20 315

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.