Kebun Raya Kuningan Jawa Barat

c3f2b-kebunrayakuningan Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

Keberadaan Kebun Raya Kuningan yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai, Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, selain diproyeksikan sebagai tempat tujuan wisata alam dan tempat observasi lingkungan, juga secara makro diharapkan dapat memberikan sumbangan besar terhadap ketersediaan udara bersih di bumi. Berdampingan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan membentuk bentang alam perbukitan yang indah.

ccf4f-krkuningan-1

Potensi wisata alam andalan Kabupaten Kuningan Jabar sedang sedang naik daun dibeberapa tahun terakhir ini, tercatat sampai dengan tahun 2003, obyek wisata yang memanfaatkan alam dan telah dikembangkan ada 14 buah dan dikelola oleh berbagai lembaga. Memangnya ada kelebihan apa dengan potensi wisata alam di tempat ini? Begitu pasti pertanyaan yang terbesit di kepala Anda. Ternyata, di Kabupaten Kuningan akan dibangun sebuah kebun raya, Kebun Raya Kuningan.

a68a0-rockgarden

Kebun Raya Kuningan merupakan aspirasi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan diharapkan menjadi pendukung bagi fungsi Kabupaten Kuningan sebagai daerah penyangga pusat pengembangan wilayah Cirebon, pada lintasan jalan regional yang menghubungkan kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur dan sebagai jalan alternatif jalur tengah yang menghubungkan Bandung-Majalengka dengan Jawa Tengah yang memiliki perhatian tinggi terhadap pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan. Pembangunannya diawali dengan penyusunan masterplan pembangunan KR Kuningan yang merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Kuningan dengan Departemen PU, LIPI, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor serta komponen pemerintah pusat dan masyarakat lainnya. Perkembangan infrastruktur hingga akhir Desember 2012 di KR Kuningan diantaranya telah tersedia : Kantor pengelola, jalan lingkungan, pembibitan, tempat parkir, embung, tanggul Situ Cibuntu.

3ad78-keadaankoleksi2

Dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 172 ha, dan bertemakan koleksi tumbuhan daerah berbatu dan Gunung Ceremai, Kebun Raya Kuningan berperan sebagai “site’s window” dari Taman Nasional Gunung Ceremai, wisata alam untuk perlindungan, meminimalisasi dampak negatif degradasi sumber daya alam, pengembangan produk pariwisata yang berorientasi pada nilai edukasi, membentuk peran aktif masyarakat dalam memberikan nilai tambah terhadap pembangunan ekonomi wilayah. Dalam perkembangan selanjutnya area Kebun Raya Kuningan akan dibagi menjadi beberapa sub-zone diantaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa, area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik (taman awi dan taman tumbuhan bebatuan). Jumlah koleksi tertanam hingga akhir Desember 2012 sebanyak 199 jenis, 8.540 spesimen dengan jumlah tanaman di pembibitan sebanyak 345 jenis, 16.937 spesimen.

50905-pembibitan1

Informasi lebih lanjut hubungi

627c9-lokasikebunrayakuningan

Kebun Raya Kuningan Jawa Barat
Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan
Jalan Perjuangan No. 66, Ancaran – Kuningan 45551
Telp/Fax: (62) 232 872 584

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.