Kebun Raya Baturaden Purwokerto Jawa Tengah

88b5a-batu-raden-di-kaki-gunung-selamet Kebun Raya Baturaden, dengan latar belakang Gunung Slamet

Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas dan berada sekitar 14 Km dari Kota Purwokerto, dan terletak sekitar 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden.

Sebagai kawasan perlindungan dan pelestarian alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi serta sarana rekreasi yang sehat. Kebun Raya Baturaden kaya akan berbagai potensi flora sebagaimana fungsi Kebun Raya lainnya sebagai lembaga konservasi tumbuhan secara ex-situ. Pembangunannya yang dirintis sejak tahun 2001 merupakan wujud buah Inspirasi Ibu Megawati Soekarnoputri (Wakil Presiden Republik Indonesia) yang dicetuskan pada penutupan Jambore Nasional tahun 2000 di Baturraden, Jawa Tengah yang disampaikan langsung kepada Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto, mengingat pada saat itu Provinsi Jawa Tengah merupakan satu-satunya provinsi di Pulau Jawa yang belum memiliki kebun raya.

aa394-1326439823825698488 Pintu Masuk Wanawisata Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah (https://green.kompasiana.com)

Kebun Raya Baturaden berada di kaki Gunung Slamet Petak 1 dan 3, RPH Baturaden, BKPH Gn. Slamet Barat KPH Banyumas Timur dibatasi sebelah utara Petak 4 dan 5 hutan produksi terbatas, sebalah barat petak 2 hutan produksi terbatas, sebelah selatan petak 1 lokawisata Baturaden dan bumi Perkemahaan, sebelah timur petak 6 hutan produksi terbatas. Topografi mulai landai sampai berbukit dengan kemiringan 20% s/d 70% dan ketinggian + 600-750 m dpl dengan jenis tanah umumnya jenis latosol berwarna merah kecoklatan.

Potensi Flora

Kebun Raya Baturaden kaya akan berbagai potensi flora sebagaimana fungsi Kebun Raya sebagai konservasi berbagai spesies tumbuhan. Jenis-jenis flora yang berada dalam kawasan Kebun Raya Baturaden yang telah diidentifikasi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) adalah damar (Agathis borneensis), puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsa), mahoni (Switenia macrophylla), kaliandra (Callyandra sp), paku-pakuan, kantong semar dan jenis-jenis anggrek. Jenis flora yang lainnya masih dalam identifikasi oleh LIPI sebagai yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Kebun Raya di Indonesia.

ab03b-dscn2100Pintu Masuk Kebun Raya Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah (https://titiendj-panorama.blogspot.com)

Luas keseluruhan mencapai 143,5 ha dan terletak di kawasan Wana Wisata Perum Perhutani yang merupakan perkebunan pinus (Pinus merkusii), damar (Agathis borneensis), dan rasamala (Altingia excelsa), serta beberapa jenis rotan sebagai sisipan. Pohon-pohon yang ada berusia antara 3 – 64 tahun. Sampai saat ini beberapa insfrastruktur yang telah ada diantaranya jalan menuju gerbang masuk, Kantor pengelola, area pembibitan , jalan lingkungan, melengkapi tumbuhan koleksi yang tertanam dengan sistem pendataan sesuai kaidah perkebunrayaan serta fasilitas rekreasi yang sebelumnya sudah tersedia. Kebun Raya Baturraden telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ flora pegunungan Jawa. Sebagai pulau yang terpadat penduduknya di Indonesia, Pulau Jawa menghadapi masalah dalam mempertahankan kelestarian sumberdaya alamnya. Konversi hutan menjadi berbagai peruntukan seperti pemukiman, sarana transportasi, dan sarana publik lainnya terjadi sangat cepat karena didorong oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi. Kawasan hutan di Jawa yang tinggal 19% perlu segera diupayakan pelestariannya agar tidak mengalami kepunahan.

beb10-elangjawa Elang Jawa

Kebun Raya Baturaden disamping kaya akan berbagai potensi flora juga terdapat jenis-jenis fauna yang hidup secara bebas. Berdasarkan hasil identifikasi sementara, terdapat jenis fauna seperti babi hutan, ayam hutan, kijang, kera, wau-wau, elang jawa, musang, ular dan jenis-jenis lainnya. Jenis-jenis fauna yang berada di kawasan Kebun Raya Baturaden tersebut menambah khasanah perbendaharaan potensi Kebun Raya Baturaden yang mungkin tidak dapat ditemui di Kebun Raya lainnya yang berada di Indonesia.

Informasi lebih lanjut hubungi

4a9e6-petakebunrayabaturaden Peta ke Kebun Raya Baturaden, Purwokerto

Kebun Raya Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah
Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah
Jl. Menteri Soepeno 1/2 Semarang
Telp. +62 24 831914
Fax. +62 24 8319328

One thought on “Kebun Raya Baturaden Purwokerto Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.