Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur

e53ad-kebunrayapurwodadi

Lokasi Kebun Raya ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan Lokasi ini terletak di tepi jalan besar yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Jarak dari kota Malang adalah 24 km ke arah utara, dan dari kota Pasuruan 30 km ke arah barat daya dan dari kota Surabaya 65 km ke arah selatan.

Luas Kebun Raya Purwodadi sakitar 85 ha, pada ketinggian 300m dpl dengan topografi datar sampai bergelombang. Curah hujan rata-rata per tahun 2366 mm dengan bulan basah antara bulan November dan Maret dengan suhu berkisar antara 22° – 32° C.

Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi didirikan atas prakarsa Dr. D.F. Van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai Pemekaran dari Stasiun Percobaan S’Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor.

28adb-jogldry

Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar per-kebunraya-an yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Kebun ini merupakan salah satu dari 3 cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalab Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

Cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor). Kebun Raya Indonesia merupakan Unit Pelaksana (Kebun Raya Bogor), Kebun Raya Indonesia merupakan Unit Pelaksana Teknis yang bernaung dibawah dan bertanggung jawab kepada Deputi Ketua LIPI Bidang IPA. Yang pembinan sehari-hari dilakukan oleh Kepala Pusaat Penelitian dan Pengembangan (Pulitbang Biologi). Pengelolahan seluruh Kebun Raya ini berada dibawah tanggung jawab LIPI (Lembaga IImu Pengetahuan Indonesia)

20902-joglwet Pohon Janglot di musim hujan (https://id.wikipedia.org)

Tugas dan Fungsi

Tugas utama adalah melakukan inventarisasi, eksplorasi dun konservasi tumbuh-tumbuhan dataran rendah kering yang mempunyai nilai ilmu pengetahuan dan ekonomi.

Fungsi Kebun Raya Purwodadi :

  • Melakukan inventarisasi, eksplorasi dan konservasi tumbuh-tumbuhan yang mernpunyai nilai ilmu pengetahuan dan ekonomi, langka dan endemik. Terutama untuk flora Indonesia dari dataran rendah kering
  • Menyediakan fasilitas penelitian, pendidikan dan pemanduan, khususnya di bidang botani
  • Menyediakan fasilitas rekreasi di alam terbuka

Koleksi Tanaman

Koleksi Anggrek

cae4c-koleksianggrekKoleksi Anggrek (https://kebunrayapurwodadimalang.blogspot.com)

Ditempatkan di rumah kaca yang kondisinya disesuaikan dengan habitat aiaminya. Ada sekitar 620 jenis yang terdiri dari 496 jenis anggrek alam dan 124 jenis anggrek silangan. Sekitar 7 jenis merupa-kan anggrek endemik Jawa Timur seperti. Appendicula imbricata, Dendrobium arcuatum, Pophiopedilum glaucophyllurn (anggrek selop), dan lain-lain Sedangkan yang terancam keberadaannya di alam antara lain Ascocentrum miniuatum, Phalaenopsis amabilis (anggrek bulan), PhaIaenopsis fimbriata, dan lain-lain.

Koleksi Bambu

0d74d-bamboe2 (https://jasinkebunrayapurwodadi.blogspot.com)

Sekitar 30 jenis bambu telah dikoleksi Kebun kaya punwodadi, 16 jenis berasal dari Jawa, 2 jenis dari Maluku, 9 jenis dari Sulawesi, dan 10 jenis dari beberapa negara Asia ( Cina, Jepang, Thailand, India, dan Birma). Jenis-jenis lain sepenti Gigantochloa manggong (endemik Jawa Timur) diperoleh dari Taman Nasional Menu Betiri, Gigantochloa apus (pring apus) untuk mebel, kerajinan atau atap rumah, Dendrocalamus asper (pring petung) rebungnya untuk dimakan, dan Schizostachyum blumii (pring wuluh) untuk seruling.

Koleksi polong-polongan

e55b1-polong (https://jasinkebunrayapurwodadi.blogspot.com)

Digolongkan menjadi 3 suku yaitu Mimosaceae, Caesalpiniaceae, dan Papilionaceae. Ada 110 jenis dari 65 marga yang termasuk dalam suku-suku tersebut, Banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias seperti jenis-jenis dari marga Amherstia, Brownea, Cassia, Senna, dan Saraca.Banyak pula yang dimanfaatkan kayunya untuk bangunan seperti Sono keling (Dalbergia latifolia) dan wangkal (Albezia procera). Tanaman Penghijauan dan tepi jalan banyak memanfaatkan jenis Angsana (Pterocarpus indicus), Akasia ( Acacia auriculiformis ) daan Soga ( Peltophorum pterocarpum ). Adapula yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat seperti Johar ( Senna siamea ), Kedawung (Parkia timorianal), dan Dadap ayam (Erythrina orientalis).

Koleksi Mangga

Ada 4 jenis koleksi mangga di Kebun Raya Punwodadi yaitu Mangifera indica, M. foetida, M. odorata yang berasal dari Jawa, dan M. minor dan Sumbawa. Terdiri dari 37 kultivar seperti mangga endog, rnangga gurih, rnangga madu, mangga kopyor, mangga putihan, dan lain-lain.

Koleksi paku-pakuan

d0ea3-paku (https://jasinkebunrayapurwodadi.blogspot.com)

Koleksi ini ditata dibawah pepohonan besar dan rindang, karena tumbuhan ini memerlukan tempat rindang dan lembab. Koleksinya mencapai 103 jenis, 43 marga dan 20 suku diantaranya Paku sarang burung (Aspleniurn nidus), Suplir (Adiantum trapeziforme) dan Paku hata (Lygodium circinaturn). Ada beberapa manfaat tumbuhan paku, diantaranya sebagal sayur (Athyrium esculentum), tanaman hias (Asplenium sp, Adiantum sp.), obat (Equisetum debile), media anggrek (Cyathea contaminans) dan bahan kerajinan (Lygodium circinatum).

Koleksi Pisang

25337-pisang (https://jasinkebunrayapurwodadi.blogspot.com)

Ada 5 jenis koleksi pisang di Kebun Raya Purwodadi yaitu Musa acuminata, M. balbisiana (jenis liar yang berperan sebagal induk silangan pisang kultivar), M. troglodytarum, M. orrnata (mempunyal tandan buah yang rnenghadap ke atas) dan M. paradiksiaca yang merupakan pisang kultivar Tercatat ada 148 pisang kultivar yang berada di XXIV A, B, D dan E. Salah satu pisang kultivar kebanggaan Kebun Raya Purwodadi adalab Pisang Kates, yang merupakan hasil silangan dari M, acuminata dan M. balbisiana, memiliki 3 – 5 buah per sisir dan ukurannya lebih besar dari pisang gajih.

Koleksi Tanaman Obat

Terletak di XIV G, dan ditata sedemikian hingga berfungsi sebagai taman yang menarik untuk dinikmati. Koleksinya mencapal 158 jenis, 139 marga, 65 suku, diantaranya Pace (Morinda citrifolia), buahnya untuk obat batuk, Daun ungu (Graptophyllum pictum), daunnya untuk obat ambeien, Widoro upas (Merremia mammosa), umbinya untuk obat kencing manis dan Sembung (Blumea balsamifera) daunnya untuk obat asma dan sakit jantung.

Koleksi palem

bdf00-palem

Ada 80 jenis palem yang dirniliki Kebun Raya Purwodadi. Jenis palem banyak dimanfaatkan untuk tanaman hias, diantaranya Palem Raja (Roystonea alata), Jambe kuning (Areca cathecu) dan Palem hitam (Normanbya normanbyi). Manfaat lainnya adalah sebagai sumber karbohidrat (Metroxylon sagu), sumber gula (Arenga pinnata), sumber minyak goreng (Elaeis guineensis). bahan anyam-anyaman (Calamus sp.).

Informasi lebih lanjut hubungi

3f300-petakebunrayapurwodadi Peta Kebun Raya Purwodadi

UPT Balai Konservasi Tumbuhan – LIPI
Kebun Raya Purwodadi
Jl. Raya Surabaya – Malang Km 65
Purwodadi – Pasuruan, Jawa Timur
Telp.: +62 341 426 046

Sumber: Eastjava

One thought on “Kebun Raya Purwodadi Pasuruan Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.