Desa Wisata Kerajinan Tenun dan Ukiran Pandai Sikek Tanah Datar Sumatera Barat

Oleh Tri Agus Yogawasista

a05e7-pandaisikekalam

Nagari Pandai Sikek terletak di Kecamatan Sepuluh Koto, disebalah Barat Batusangkar, Ibukota Kabupaten Tanah Datar, berbatasan dengan Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang, Propinsi Sumatera Barat, yang memiliki luas lebih kurang 22 Km persegi. Nagari Pandai Sikek berada dekat dengan jalan lintas sumatera yang terletak di jalan Padang – Bukittinggi.

Batas Wilayah

93153-petunjukjalan Penunjuk jalan

Sebelah Barat : Gunung Singgalang
Sebelah Timur : Nagari Koto Baru dan Nagari Aie Angek
Sebelah Selatan : Nagari Koto Laweh
Sebelah Utara : Nagari Padang Laweh Kabupaten Agam

Terdiri dari 4 jorong yaitu jorong koto tinggi, Tanjuang, Baruah dan Jorong Pagu-pagu. Penduduk nagari pandaisikek banyak berada diperantauan, tersebar di seluruh penjuru negri ini bahkan ada yang berada dinegara lain.

c3d55-pandaisikek2 (https://jalan2.com)

Pandai Sikek mempunya Iklim Sejuk sekitar 27˚ C, mempunyai berpotensi untuk daerah Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan. Dengan curah Hujan cukup tinggi, sehingga Masyarakat Nagari Pandai Sikek, umumnya bermata pencaharian sebagai Petani (75 %). Disamping itu mempunyai Usaha Kerajinan (Tenun dan Ukiran).

Penduduk Nagari Pandai Sikek sangat taat beragama dan masih menjunjung tinggi Adat Salingka Nagari, dengan Falsafah jalan duo nan baturuk, kato duo nan bapakai. Jalan duo itu adakah agama dan adat, Kato duo itu adalah kato pusako dan kato buek. Kato pusako adalah peraturan yang telah di buat semenjak orang-orang terdahulu, Sedangkan kato buek adalah peraturan yang dirancang dengan jalan mufakat.

d296c-pandaisikek4 Berbagai Tenun atau Songket (https://arenawisata.blogspot.com)

Tidak hanya itu Nagari pandaisikek merupakan salah satu daerah wisata di sumatera barat, dengan sosial masyarakat nan elok dan alam yang asri menjadikan daerah ini begitu istimewa ditambah lagi dengan adanya sejarah dan tokoh sejarah di negara ini yang berasal dari pandaisikek.

Potensi Pariwisata

c32fd-telaga-dewi-1024x768 Telaga Dewi, Gunung Singgalang, Batusangkar, Sumatera Barat (https://parimbo.com)

Potensi kepariwisataan di Nagari Pandai Sikek didukung dengan sumber daya alam seperti; panorama alam pegunungan dan kawasan pertanian. serta sumber daya manusia yang teraplikasi dalam bentuk kerajinan tenun, ukiran kayu, kesenian tradisional dan sebagainya.

Potensi Kerajinan Tenun (Songket) dan Ukiran

d127f-pandaisikek3 Sedang menenun (https://jalan2.com)

Di nagari ini yang menjadi sumber pendapatan primadona bagi masyarakat setempat adalah sebagai pengrajin tenun atau songket. Motif-motif kain tenun di nagari ini selalu diambil dari contoh kain-kain tua yang masih tersimpan dengan baik dan sering dipakai sebagai pakaian pada upacara-upacara adat dan untuk fungsi lain dalam lingkup upacara adat, misalnya sebagai tando dan dipajang juga pada waktu batagak (mendirikan) rumah. Motif-motif tenun Pandai Sikek diyakini sebagai motif asli pada kain-kain tenunan perempuan-perempuan Pandai Sikek pada zaman lampau. Sedangkan Produk ukiran di nagari ini dipergunakan untuk rumah gadang.

6add4-detik_pandai_sikek5 Ukiran untuk rumah Gadang (https://travel.detik.com)

Informasi lebih lanjut hubungi

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar – Luhak Nan Tuo 
Jl. Sutan Alam Bagagarsyah Pagaruyung Batusangkar
Batusangkar, Sumatera Barat 25231
Telp.: (62) 752 71001
Fax: (62) 752 574 000
Email: info@tanahdatar.go.id

Sumber: Berbagai sumber di internet

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.