10 Destinasi Belanja Kain Nusantara Andalan Desainer

Kekayaan budaya lokal menjadi sumber yang tak henti-hentinya dieksplorasi oleh para desainer Indonesia. Guna mencari material dengan kualitas nomor satu, para perancang tak keberatan menjelajah lokasi yang tersebar sampai ke pelosok. Tiga penggurat desain yang terkenal konsisten mengusung kain nusantara seperti Anne Avantie, Lenny Agustin, dan Defrico Audy pun membagi lokasi belanja andalannya untuk Anda.

Anne Avantie menyebut Solo dan Yogyakarta sebagai dua kota favorit untuk berburu batik. Dibesarkan di Solo, Anne mengaku bahwa kota ini tak hanya memiliki koleksi yang baik, namun juga menyimpan memori sebagai kota yang menjadi cikal bakal karyanya. Ketika ke Solo, jangan lupa kunjungi Kampung Batik Laweyan, sedangkan jika mampir ke Yogyakarta sempatkan menyelisik masuk ke Pasar Beringharjo.

Untuk penggemar tenun Makassar, Lenny Agustin yang senantiasa mengkreasikan tenun multiwarna ini menyebut toko Sumber Sutra yang beralamat di Jalan Penakung Mas sebagai andalannya. Sebagai alternatif, sebuah kunjungan ke pusat perajin tenun di daerah Senkang juga tak boleh dilewatkan.

Perancang busana Defrico Audy yang telah mengangkat kain tradisional selama lebih dari 10 tahun menyebut beberapa lokasi yang tak kalah menarik. Temukan Songket Bali dengan variasi yang mengagumkan di Pasar Ubud, Pasar Gianyar dan Pasar Klungkung. Untuk pilihan Songket Palembang, kunjungi Pasar Ramayana Palembang, sedangkan Songket Padang kualitas terbaik dapat ditemukan dengan mudah Pasar Atas Bukittinggi.

Sumber: Dewimagazine

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.