Desa Wisata Pekraman Jasri Karangasem Bali

Oleh Tri Agus Yogawasista

2d921-pantaijasri Pantai Desa Wisata Pekraman Jasri – okezone.com

Desa Wisata Pekraman Jasri terletak di Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali; sebuah desa kecil berlokasi di tepi pantai yang Indah di Bali Timur, kira-kira 70 km dari Kota Denpasar. Dalam perjalanan menuju Desa Wisata Pekraman Jasri akan melalui beberapa objek wisata, seperti; Taman Safari, Goa Lawah, Candidasa dan lainnya, memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Berbagai aktivitas di dalam desa dan luar desa bisa anda lakukan selama berwisata di Desa Wisata Jasri, karena desa ini juga berdekatan dengan objek – objek lain yang ada di Kabupaten Karangasem.

Dengan penduduk sekitar 2.711 jiwa ini, terbagi dalam beberapa aktivitas penduduk seperti petani, pengrajin, buruh, PNS maupun berwiraswasta. Desa ini memiliki kelompok komunitas yang lebih kecil yang disebut “Banjar”, yang jumlahnya sebanyak 6 banjar. Suasana alam desa dengan adat istiadat dan seni budaya yang beraneka ragam, manjadikan desa ini memiliki sesuatu yang berbeda dari desa disekitarnya.

Dengan luas wilayah kurang lebih 445,62 Ha, desa tua yang dibagian tengahnya adalah wilayah pemukiman penduduk, yang dikelilingi oleh sawah dan kebun dengan tiga ruas aliran sungai, memiliki deretan pebukitan serta sebelah selatan merupakan laut dengan pesisir pantai menjadikan desa ini berpotensi besar sebagai daerah wisata.

Desa Wisata Pekraman Karangasem, Bali terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik 2013, mendapatkan Penghargaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI.

Potensi Kesenian Tradisional

1. Perang api (Ter-Teran), sebuah tradisi kuno yang hanya terdapat di Desa Wisata Pekraman Jasri, sebagai rangkaian dari upacara Hari Raya Nyepi. Tradisi ini dilaksanakan pada hari pengerupukan ( sehari sebelum Nyepi ), dimana Perang Api atau disebut sebagai Ter-teran dalam bahasa lokal, menggambarkan sebuah sebuah kegiatan memberikan persembahan kepada para bhuta kala, agar tidak mengganggu kehidupan masyarakat. Perang Api ini dilakukan dengan menggunakan daun kelapa yang kering, diikat sedemikian rupa dengan kuat, di sulut dengan api sehingga menyerupai sebuah obor dan dipakai untuk saling melempar antara kelompok masyarakat yang satu dengan yang lainnya, yang dianggap sebagai lawan.

721e8-perangapi Perang Api (Ter-Teran) – https://desawisata.web.id

2. Tari Rejang Jasri, sebuah tarian sakral warisan jaman dahulu, yang masih tetap terpelihara dan akan tetap terwariskan, karena tarian ini harus ditarikan oleh remaja putri yang baru menginjak dewasa. Tari rejang ini juga merupakan tarian yang mengiringi suatu upacara hari raya besar, yang biasanya digelar sehari setelah Hari Raya Kuningan ( Manis Kuningan ) selama 3 hari. Pada hari terakhir pementasan Tari Rejang ini, bagi orang tua yang anaknya mendapat giliran untuk menari, akan membuat sebuah persembahan (Banten Prani) pengiring upacara. Banten ini dibuat dari berbagai bahan seperti kue tradisional, buah-buahan dan lainnya, disusun setinggi mungkin. Proses persembahan ini disebut dengan istilah “Meprani”.

5d3a4-tarirejang Tari Rejang Jasri – https://desawisata.web.id

3. Tambur Jasri, merupakan alat musik tradisional berupa kendang besar, yang jika memainkannya memerlukan orang yang memliki tenaga yang cukup kuat dalam memukulnya, agar dapat mengeluarkan suara seperti yang diinginkan. Tambur merupakan inspirasi semangat yang menggebu, yang mampu membangkitkan gairah masyarakat untuk menyelesaikan pekerjaan atau upacara dengan cepat, karena dalam setiap upacara adat memang memerlukan semangat dan tenaga yang kuat. Alat musik ini biasanya dipergunakan dalam upacara seperti Ngaben, pada saat membawa abu pembakaran untuk dibuang ke laut.

ec4a0-tamburjasri https://desawisata.web.id

Paket Wisata

Tour. Beberapa pilihan tour tersedia bagi wisatawan yang berkunjung, yaitu

  1. Tour Desa, yang mengajak anda berkeliling desa mengunjungi beberapa objek kerajinan dan bangunan tradisioanal serta memahami aktivitas penduduk dalam kesehariannya.
  2. Tour Kota, mengunjungi beberapa objek yang berada di sekitar Desa Wisata Jasri, seperti Pasar Tradisional, Istana Raja Karangasem, Water Palace di Ujung dan Tirtagangga dan lainnya.

Wisata Minat Khusus. Dari potensi alam, seni dan budaya yang dimiliki, Desa Wisata Jasri bisa menyediakan beberapa wisata minat khusus yaitu

a. Jalan-jalan (Tracking), mengajak anda menyusuri alam persawahan, melewati sungai, mendaki pebukitan, yang berakhir di Pantai Jasri. Di tengah perjalanan tersebut anda disegarkan dengan minuman kelapa muda yang dipetik langsung oleh penduduk setempat.

251f2-jalandesa Wisman jalan di persawahan – https://desawisata.web.id

b. Bersepeda (Cycling), yang menyediakan dua jalur bersepeda, jalur yang pertama dengan rest point di Taman Ujung dan jalur kedua dengan rest point di Pasir Putih.

f2c35-cyclingroutetowaterpalace101 Wisman bersepeda – https://desawisata.web.id

c. Berselancar (Surfing), bermain ski di balik gelombang air laut, memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang gemar pada wisata tersebut.

10ad3-berselancar Berselancar – https://desawisata.web.id

Wisata Minat Khusus lainnya seperti Sailing and Fishing, Outbound, Wisata Konservasi Tumbuhan dan Binatang dan wisata air lain sebenarnya berpotensi untuk dikembangkan, akan tetapi tahap pengelolaan dilakukan secara bertahap.

Fasilitas

Sarana dan prasarana penunjang seperti Rumah Makan berbagai menu, Bank, Rumah Sakit, Kantor Pos, Kantor Polisi, Pusat Perbelanjaan dan lainnya sangat mudah ditemukan dengan transportasi umum yang lancar dan jarak tempuh yang dekat. Keamanan dan keramahan penduduknya akan memberikan hari libur yang memuaskan bagi anda jika berwisata di desa ini.

Inap Desa (Homestay)

Tersedia inap desa di rumah penduduk untuk satu atau dua malam, berbaur dengan pemilik rumah untuk memasak, mempersiapkan makan, bertani, dan lain sebagainya.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Pekraman JasriĀ 
Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Dinas Pariwisata Seni & Budaya Kabupaten KarangasemĀ 
Jln. Diponegoro, Amlapura, Karangasem, Bali
Telp: (62) 363 21196
Fax: (62) 363 21954

Sumber: Berbagi artikel di internet

2 thoughts on “Desa Wisata Pekraman Jasri Karangasem Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.