Desa Wisata Alam Kertayasa Ciamis Jawa Barat

3c81f-wisataalam-greencanyon11 Cukang Taneuh (Green Canyon) – https://indo-nesian-tourism.blogspot.com

Desa Kertayasa merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Desa Kertayasa berjarak 4 km dari ibu kota kecamatan, 135 km dari ibu Kabupaten/Kota Ciamis dan 272 km dari Bandung dengan waktu tempuh ± 7 jam.

Luas wilayah Desa Kertayasa yaitu 1.355,610 Ha terdiri dari:

  • Tanah Negara bebas ( TN ) seluas 27 Ha
  • Tanah Desa seluas 1,500 Ha
  • Tanah pengangonan seluas 112,100 Ha
  • Tanah kuburan seluas 9,600 Ha
  • Tanah milik seluas 1205,410 Ha

Adapun batas-batas wilayah Desa Kertayasa yaitu sebagai berikut sebelah timur berbatasan dengan Desa Cijulang, sebelah barat berbatasan dengan Desa Cibanten, sebelah utara berbatasan dengan Desa Margacinta, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Batukaras. Jumlah penduduk Desa Kertayasa pada tahun 2011 yaitu 4.124 jiwa. Penduduk laki-laki berjumlah 2.007 jiwa dan penduduk perempuan berjumlah 2.117 jiwa.

Potensi Wisata Alam

5062d-greencanyon12(https://mytravelingphotograph.blogspot.com)

Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993, Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah karena adanya jembatan dengan lebar 3 meter dan panjang mencapai 40 meter yang menghubungkan antara Desa Kertayasa dengan Kecamatan Cimerak.

32253-dsc_1439 (https://www.cumilebay.com)

Yang menjadi tujuannya Objek wisata ini adalah terowongan menyerupai gua dengan stalagtit dan stalagmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam khas dan menantang yang berada di bawah jembatan tanah yang dikenal dengan Gua Green Canyon. Untuk mencapai gua tersebut, Anda harus menyusuri sungai Cijulang menggunakan perahu yang disebut sebagai ketinting. Perahu ini hanya mampu ditumpangi oleh 5 penumpang. Waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan yang dimulai dari dermaga Ciseureuh menuju gua kurang lebih 30 menit. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.

Informasi lebih lanjut hubungi

1d63b-petakertayasa1

1. Sekretariat Bodyrafting Guha Bau
Parkir Timur Dermaga Cukang Taneuh (Green Canyon)
Cijulang, Ciamis Selatan, Jawa Barat

2. Drs. Rochman Suryaman
Telp: +62 812 2282 4443
Email: rochmansuryaman@gmail.com

3. Nugraha Sumara
Telp: +62 812 2298 2989
YM /email : habiegie@yahoo.co.id
Skype : kangnug
website: https://desawisatakertayasa.wordpress.com/

Sumber: Desawisataalamkertayasa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.