Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong Sumatera Utara

Oleh Tri Agus Yogawasista

39f6e-new_front_samcot Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong, Sumatera Utara (https://medan.panduanwisata.com)

Desa Wisata Tuk-tuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Berjarak 4 kilometer dari Tomok, letak Tuk Tuk cukup dekat dengan pintu gerbang Pulau Samosir. Semenanjung kecil ini terletak diantara Desa Tomok dan Desa Ambarita. Kawasan tersebut merupakan daerah yang diminati wisatawan mancanegara dimana hampir sepanjang tahun dikunjungi. Bahkan, sebuah buku panduan bagi backpacker yaitu Lonely Planet menyebutkan informasi desa wisata ini dengan cukup lengkap.

Desa wisata Tuktuk Siadong telah tersohor sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba. Pemandangan menghijau begitu memanjakan mata berpadu dengan bangunan corak Batak yang khas. Di sini Anda akan merasakan suasana seperti di pantai tetapi suhu udaranya begitu sejuk.

53cee-cano (https://medan.panduanwisata.com)

Desa Wisata Tuktuk Siadong berada di daerah tanjung peninsula yang menjadi kawasan wisata (central tourism district). Pengunjung menikmati wisata bahari di sini seperti berenang, menyelam, berlayar, canoe, memancing, dan lainnya. Di kawasan ini juga dipenuhi akomodasi restoran, serta industri kreatif terutama ukiran.

Ada 7 kabupaten mengelilingi Danau Toba, yaitu Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. Yang terakhir terkenal memiliki panorama alam indah dan menjadi lokasi tujuan wisata terutama Parapat di Simalungun dan Desa Wisata Tuktuk Siadong di Pulau Samosir.

67e31-vande_tunggalpanaluan Patung dari Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong (https://anthonynh.blogspot.com)

Desa Wisata Tuk Tuk merupakan daerah yang sarat akan eksotime pemandangan alamnya. Dari tempat ini pula, Anda dapat menikmati keindahan Danau Toba yang begitu ajaib. Tempat yang menjadi pusat kegiatan wisatawan yang ingin melewatkan malam di Samosir ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Hotel-hotel dan vila-vila berkelas serta penginapan berjajar di pinggir danau, mempercantik pemandangan dengan arsitektur dan penataan yang indah. Ada juga beberapa coffee shop yang menyediakan fasilitas internet yang dapat melengkapi suasana liburan berkesan Anda di Tuk Tuk.

Jika Anda memiliki banyak waktu, jangan lupa sempatkanlah untuk pergi ke Bukit Beta, sebuah kawasan wisata yang diresmikan tahun 2004 oleh gubernur Sumatera Utara pada waktu itu. Panorama alam yang luas bisa Anda temukan di tempat ini. Tempat ini juga merupakan lokasi paralayang berkelas Internasioanal dan sering digunakan sebagai tempat bermain layang-layang. Beberapa ajang regular Samosir juga diadakan di tempat ini, seperti festival Danau Toba dan kontes layang-layang. Setelah dari tempat tersebut, Anda juga bisa menuju langsung ke Bukit Siulakhosa yang berada di atas Bukit Beta Samosir. Tempat ini menjadi tempat kegiatan olahraga seperti gantole dan paralayang.

Penginapan

Terdapat banyak tempat menginap, mulai dari losmen, hotel, penginapan, dan motel bagi backpacker dan traveler dengan harga yang murah, silahkan pilih sesuai anggaran anda, klik disini  atau disini

Sumber: Berbagai artikel di internet

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.