Ekowisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur

Oleh Tri Agus Yogawasista

15767-alaspurwo

Ekowisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo, terletak di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Wisata Mangrove Blok Bedul merupakan Wisata Ekosistem wujud komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Desa Sumberasri dan Balai Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) dalam upaya mengembalikan, melindungi, dan mengembangkan Hutan yang utuh berikut semua biota yang ada.

4616e-sunset

Kawasan mangrove Blok Bedul berada ditepian segoro anakan sepanjang kurang lebih 16 km, luas hutan mangrove sekitar 2.300 hektar yang berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan di Kawasan Perhutani. Adapun jenis mangrove yang terdapat di blok bedul sebanyak 27 jenis.

Hewan yang terdapat dalam kawasan ini adalah kera, biawak, burung Elang (Elang Jawa dan Elang Laut), burung dara laut, burung blibis, burung bangau, burung migrant dari benua australia, ancel bumi, king fisher, kecuk, kirik-kirik, dan beberapa jenis yang belum teridentifikasi.

fda7e-ikanbedul Ikan bedul, yang dijadikank nama salah satu daerah di kawasan Segoro Anakan

Tujuan pengembangan wisata mangrove ini adalah untuk memperkaya sumberdaya hutan mangrove dalam kawasan Blok Bedul, dengan melakukan pengamanan kawasan tersebut dari pengrusakan baik oleh manusia maupun factor alam, melakukan penanaman kembali pada kawasan yang membutuhkan rehabilitasi di TNAP, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

Kegiatan Wisatawan

  • Menyusuri segara anakan dengan menggunakan perahu tradisional (Gondang-Gandung). sambil menikmati hutan mangrove yang utuh dan alami, melihat berbagai jenis burung, biawak, kera serta aktifitas masyarakat yang mencari kerang, mancing dan menjaring ikan.

7330f-kapaltradisional Menyusuri Segara Anakan dengan perahu Gondang-Gandung

  • Selain menyusuri segara anakan dengan perahu pengunjung juga diajak turun di area mangrove yang berlumpur untuk mengamati bermacam-macam jenis mangrove yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, kegiatan ini dilakukan setelah makan siang di daerah Kere, dengan kegiatan ini kita tidak hanya rekreasi saja melainkan juga menambah wawasan mengenai Ekosistem Mangrove.

48a46-wismanmengamati Wisman mengamati bermacam-macam jenis Mangrove

  • Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung adalah membeli ikan atau kepiting langsung dengan nelayan di tempat mencari ikan maupun kepiting. Ini salah satu kegiatan yang disenangi pengunjung.

9ba61-transaki Pembelian Ikan

  • Selain itu kita juga bisa hicking di hutan hujan tropis yang berbatasan dengan hutan mangrove, anda dapat menikmati sejuknya udara dan melihat satwa liar yang dilindungi seperti Merak, Kijang, Babi Hutan dan masih banyak lagi.

c85c3-wismanmenanam Wisman sedang menegakkan Kacang Panjang

  • Ikut bercocok tanam dengan penduduk pemilik penginapan, seperti menanam kancang panjang dan lain sebagainya.
  • Menikmati makan siang diatas perahu Gondang-gandung yang sedang menyusuri sungai segoro anakan Ekowisata Mangrove Blok Bedul Taman nasional Alas Purwo, menu lalapan ikan laut goreng, sambel, sambal goreng tempe dan teri, terasa lengkap dengan minum degan (kelapa Muda), benar benar pengalaman yang mengasyikkan.

c15e3-wismanmakansiang Wisman sedang menikmati makan siang

Penginapan (Homestay)

39962-homestay Penginapan

Upaya melibatkan masyarakat sekitar terkait dengan pengembangan dan daya dukung Ekowisata Mangrove Blok Bedul, tidak hanya melibatkan masyarakat untuk terlibat langsung di kawasan Ekowisata Mangrove Blok Bedul saja, melainkan juga dengan mengupayakan masyarakat sekitar hutan untuk terlibat secara tidak langsung. Seperti halnya penyediaan rumah inap (homestay) oleh masyarakat, saat ini telah ada 6 rumah warga yang siap setiap saat menerima tamu yang ingin menginap di Home stay dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 75.000,- per orang per malam dengan fasilitas kamar, snack, kopi pagi dan sarapan.

Informasi lebih lanjut hubungi

Badan Pengelola Wisata Mangrove Blok Bedul Taman Nasional Alas Purwo
Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi
Kantor: Jl. Raya Sumberasri 18, Sumberasri, Banyuwangi
Nama Kontak: +62 813 5802 6026 (Adi), Eko : +62 813 5842 3654 (Eko)
Website: https://mangrovebedul.blogspot.com
Email : Mangrove.Bedul@gmail.com

f03cb-300x25011

One thought on “Ekowisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.