Benda-Benda Wajib Dibawa Saat Liburan

Oleh Tri Agus Yogawasista

Perjalanan liburan pastinya menyenangkan. Tapi, terkadang kita melupakan sesuatu saat berkemas sehingga kerap kerepotan saat tengah berlibur. Ingatkanlah diri Anda dengan pertanyaan sederhana, “Apakah saya ingin atau membutuhkannya? Apakah saya mau terus membawanya? Usahakan untuk membawa benda yang penting saja.

Untuk membuat liburan Anda menyenangkan tanpa kerepotan berarti, berikut adalah barang-barang yang perlu dibawa:

1. Universal Plug Adaptor

Berbagai Hotel menggunakan kelistrikan dengan soket tiga kaki.

2. Charger ponsel Universal

Sulit rasanya membayangkan hidup tanpa ponsel saat ini. Maka, jangan lupa untuk membawa charger Anda.

3. Power Bank

Ini penting bagi anda jika ingin berpergian, jangan sampai charger Ponsel, Table ataupun Notebook tanda kehabisan baterai, hingga anda tidak bisa digunakan dalam perjalanan.

4. Tabir surya

Meskipun pergi ke daerah bersuhu dingin, Anda tetap membutuhkan tabir surya. Hingga 90 persen dari perubahan kulit terlihat sering dikaitkan dengan penuaan disebabkan oleh matahari.

5. Obat-obatan

Pastikan ada cukup obat untuk bertahan selama seluruh perjalanan. Karena bisa saja Anda mengalami kesulitan mencari toko obat di likasi liburan.

6. Sandal jepit

Sandal Jepit Anti Maling

Anda pasti akan membawa baju terbaik yang Anda butuhkan, tapi jangan lupa sandal jepit. Tak ada alas kaki di dunia ini yang senyaman sepasang sandal jepit.

7. Buku Bacaan

Perjalanan kadang-kadang bisa melatih kesabaran sehingga Anda butuh buku bacaan yang akan mengisi waktu luang supaya tidak bosan.

8. Kamera

Kamera wajib dibawa bisa Kamera Saku (Pocket Camera) atau Kamera Besar (SLR/DSLR) untuk mengabadikan moment-moment penting.

9. Pembungkus Kamera Kedap Air

Untuk mengabadikan pemandangan bawah laut, diperlukan pembungkus Kamera plastik baik kamera saku ataupun kamera besar.

10. GPS

GPS Navigasi Mio S550 (https://kiosbukugema.wordpress.com)

Dengan GPS dan Google Maps, kita tidak perlu lagi membawa peta untuk mencari tempat yang bakal kunjungi. Pastikan GPS diaktifkan pada ponsel Anda dan belajar bagaimana menggunakannya. Atau alat GPS Navigasi, yang tidak memerlukan biaya pulsa alias gratis, langsung menggunakan Satelite.

11. Kacamata hitam

Liburan berarti akan ada banyak waktu yang dihabiskan di luar ruangan dan mata Anda bisa mengalami ketegangan. Milikilah kacamata berkualitas tinggi yang dirancang untuk memblokir 99 persen sinar berbahaya dari matahari.

12. Gembok kecil

Bawa beberapa gembok kecil sehingga koper dapat dikunci ketika mereka ditinggalkan di kamar hotel.

13. Minimalkan bawaan alat mandi

Alat mandi adalah barang termudah untuk dibeli pada daftar perjalanan Anda, Bawa saja pasta gigi, sampo, dan lainnya dalam ukuran kecil ketika bepergian.

14. Tas Kain Lipat

Tas kain lipat dapat digunakan untuk membawa belanjaan atau oleh-oleh.

15. Kantong kecil

Kantong kecil diperlukan untuk:

  • Membawa makanan dan minuman
  • Menyimpan sampah-sampah dari makanan yang kita bawa
  • Menyimpan pakaian kotor, hingga di tas koper tidak akan tercampur dengan pakaian bersih

16. Selendang (Sal)

Selendang atau pashmina adalah teman terbaik para travelers. Selendang dapat berfungsi ganda sebagai sweter di pagi yang sejuk dan penghangat ketika Anda tidur.

17. Dokumen penting

Bawa fotokopi dokumen penting seperti paspor, SIM, dan bahkan kartu kredit. Ini untuk menanggulangi kemungkinan mengerikan seperti dompet atau tas yang dicuri.

Sumber: Berbagai artikel di internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.