Desa Wisata Candirejo Borobudur Magelang

Oleh Tri Agus Yogawasista

Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang (https://wahw33d.blogspot.com)

Desa Candirejo terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sekira 3 km arah Timur Candi Borobudur. Desa ini berbatasan dengan Desa Pulutan di sebelah timur. Di sebelah utara dengan Desa Kesongo, Tuntang, dan Semarang. Di sebelah barat dengan Rawa Pening, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Jombor, Tuntang, dan Semarang.

Kata candirejo berasal dari kata candighra namun seiring waktu penyebutan berubah menjadi candirga; candirja dan akhirnya menjadi candirejo hingga saat ini. Arti kata candi sendiri berarti batu dan rejo berarti subur. Candirejo diartikan sebagai wilayah yang banyak batu-batu tetapi subur.

Festival Tujuh Gunung (https://wahyunovian.wordpress.com)

Desa Candirejo merupakan desa kecil yang letaknya berdekatan dengan Candi Borobudur. Desa yang memiliki pemandangan indah, subur, dan warga yang ramah ini dijadikan desa wisata lewat NRM-LCE Project (Natural Resources Management for Local Community Empowerment Project) melalui Yayasan PATRA-PALA, masyarakat setempat dan pemerintah daerah kabupaten Magelang. Saat itu dukungan dananya datang dari hibah Japan International Corporation Agency (IICA). Desa ini diresmikan menjadi desa wisata tahun 2003 dengan luas sekira 350 hektar, meliputi pemukiman seluas 100 hektar dan lahan pertanian sekira 250 hektar.

Desa Candirejo dapat dikatakan merupakan simbol dari budaya Jawa. Berbagai daya tarik dan kegiatan wisata dapat dilakukan di sini. Mulai dari wisata alam, kesenian, kerajinan, kuliner, jalan-jalan, budaya, sejarah dan minat khusus. Anda dapat menemukan banyak atraksi dan tradisi lokal di desa ini seperti Nyadran, Sedekah Bumi, kesenian lokal seperti jathilan, kubrosiswo dan industri rumah tangga berupa kerajinan bambu dan pandan. Di desa ini juga ada situs budaya antara lain Watu Kendil, Toyo Asin, Watu Tumbak, Tempuran Kali Progo, dan Pabelan.

Desa wisata Candirejo menawarkan beberapa paket wisata. Di bawah ini merupakan daftar paket-paket wisata yang terdapat di desa Candirejo.

1. Tamasya Keliling Desa

Wisman berkeliling desa dengan sepeda (https://wahw33d.blogspot.com)

Paket ini menawarkan eksplorasi penjelajahan desa Candirejo, baik dengan berjalan kaki, atau menggunakan sarana angkutan delman (andong) desa. Pada kesempatan ini, para pelancong akan disuguhi dengan keunikan tradisi dan budaya masyarakat setempat, kesenian dan kerajinan rakyat, serta metode sistem pertanian tradisional.

2. Wisata Menoreh

Paket ini menawarkan kesempatan kepada para pelancong untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan tentang kehidupan sehari-hari dari masyarakat yang tinggal di kawasan Menoreh. Pada kesempatan ini, para pelancong akan menemukan kehidupan habitat asli dari burung-burung yang hidup di daerah ini. Para pelancong juga dapat menikmati keindahan kebun-kebun tanaman obat dan melihat sistem pertanian tradisional yang diterapkan.

3. Sistem Pertanian Desa

40d9c-desawisatacandirejo5 Persawahan di Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang (https://wahw33d.blogspot.com)

Paket wisata ini akan meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pelestarian dan pemeliharaan sumber-sumber daya alam, terutama yang berada di desa Candirejo. Para pelancong dapat langsung merasakan dan mengerjakan bagaimana rasanya berinteraksi dengan alam di areal pertanian, juga dapat ikut berpartisipasi dalam memanen buah-buahan segar langsung dari lokasi pembudidayaannya.

4. Aktifitas Sungai

Ingin dapat menangkap ikan selincah para penduduk lokal? Bila ya, mari ikuti paket wisata ini dan bergabung dengan komunitas “Nylantrang” (komunitas para penangkap ikan). Para pelancong dapat merasakan sendiri asyiknya menangkap ikan di sungai,juga dapat menikmati segarnya berenang dan mandi di sungai, tentu saja semua itu dalam pengawasan pemandu wisata.

5. Pendidikan Lingkungan (Alam)

Paket wisata ini menawarkan pendidikan tidak langsung tentang lingkungan hidup kepada para pelancong. Para pelancong diharapkan dapat mengerti dan sadar akan pentingnya pelestarian dan pengelolaan alam dan lingkungan demi kelangsungan hidup saat ini dan generasi mendatang. Pelajarilah sistem pertanian organik, proses produksi bibit-bibit organik, dan bentuk pelestarian alam yang dilakukan oleh masyarakat setempat, misalnya “ilag-ilag’.

6. Kehidupan Masyarakat Setempat

0a0c0-wisman Seorang wisman yang berada di Desa Wisata Candirejo (https://travel.detik.com)

Para pelancong dapat tinggal di sebuah pondok penginapan milik penduduk, dan merasakan langsung suasana tradisional Jawa yang masih sangat melekat di tiap-tiap keluarga. Di sini, para pelancong dapat mengamati rutinitas sehari-hari dari masyarakat setempat, mulai dari menyiapkan masakan, cara memasak, sampai suasana tinggal di rumah-rumah desa.

7. Kesenian Tradisional

55719-candirejo Gamelan (https://wisataborobudurku.blogspot.com)

Para pelancong memiliki kesempatan untuk menikmati berbagai kesenian tradisional di desa Candirejo. Tiap-tiap kesenian memiliki karakteristiknya masing-masing. Aktifitas menikmati kesenian tradisional di tengah-tengah komunitas penduduk desa akan memberikan nuansa tersendiri bagi para pelancong.

Kuliner

Untuk urusan kuliner, Anda tidak perlu kawatir, Karena di Desa Candireja Anda akan dimanjakan dengan makanan tradisional atau makanan khas Jawa. Pengelola pondok penginapan tempat Anda tinggal akan dengan senang hati menyediakan makanan tradisional tersebut seperti gudeg yang terbuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional dipadankan dengan telur, ayam, dan kerupuk kulit sapi. Ada juga sega pecel yang terbuat dari bermacam-macam sayuran dengan siraman kuah kacang kental sebagai bumbu utama dan sate kikil terbuat dari kulit sapi. Cicipi juga lumpia, tahu gimbal dan babat gongso.

Penginapan

Untuk mempertahankan suasana pedesaan yang masih asli, maka sarana akomodasi yang disediakan di desa Candirejo berupa pondok-pondok penginapan (home stay) yang diusahakan sendiri oleh masyarakat  desa Candirejo. Penginapan (home stay) ada 20 buah dapat menampung 46 orang.

Informasi lebih lanjut hubungi

Koperasi Desa Wisata Candirejo
Sangen, Candirejo, Borobudur, Magelang
Jawa Tengah 56553
Telp: (62) 293 788 608;  +62817 541 4855 (Ian); +62813 2880 8520 (Tatag)
Koordinat GPS:  7° 10′ 0.98″ S dan 110° 31′ 40″ E

Sumber : Berbagai artikel di Internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Surabaya Bangun Penunjuk Wisata Berbasis GPS

Thu Jul 4 , 2013
Pemerintah Kota Surabaya akan membangun penunjuk wisata berbasis “global positioning system” (GPS) atau sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa mengatakan, selama ini penunjuk jalan untuk tempat-tempat wisata di Surabaya masih minim sehingga perlu dibentuk piranti GPS untuk memudahkan […]